Musim Hujan, Basarnas Ingatkan Bahaya Berenang di Sungai

KBRN, Palembang : Kondisi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Sumatera Selatan membuat sebagian besar wilayah tergenang air bahkan banjir, hal ini dipicu karena sebagian besar wilayah Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang masih memiliki masalah pada sistem drainase. Drainase yang tertutup oleh bangunan menyebabkan air tidak bisa mengalir dengan baik saat hujan.

Kondisi ini dianggap menimbulkan banyak kerugian baik materil maupun korban jiwa akibat terbawa arus di aliran anak sungai Musi yang berada di tengah kota.

Humas Basarnas Kota Palembang, Fery Irawan, mengungkapkan, penanggulangan banjir tahun ini sudah disiapkan jauh hari termasuk ketersedian alat penanggulangan, namun saat dikalangan kondisi penyelamatan terkadang juga menemukan kendala seperti banyaknya anak - anak yang bermain air saat hujan, padahal hal tersebut sangat berbahaya.

"Biasanya yang menjadi korban anak - anak, karena saat hujan dan banjir anak - anak sering bermain air berenang," ujar Fery, Selasa (07/12/2021).

Aktifitas anak - anak saat hujan dan banjir biasanya kurang mendapat perhatian warga sekita banjir dan orang tuanya, padahal disekitat banjir ada orang tuanya.

"Kami himbau agar saat hujan dan banjir anak - anak tidak bermain air dan berenang ya", ujar Fery.

Kondisi banjir yang terjadi di wilayah Palembang khususnya sudah menjadi langganan tiap tahunnya, meski pemerintah sudha berusaha dengan penyediaan pompa di sejumlah titik genangan namun kondisi banjir masih terus mengancam warga Palembang

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar