Percepat Vaksinasi Anak-Anak dan Booster, Gubernur Sumsel Keluarkan SE

KBRN, Palembang : Gubernur Sumsel Herman Deru mengeluarkan surat edaran (SE) nomor 004/SE/Dinkes/2022 tentang percepatan vaksinasi Covid 19. 

Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Lesty Nurainy menjelaskan, di keluarkannya SE tersebut adalah untuk mengejar pencapaian vaksinasi Covid-19, baik vaksinasi anak usia 6-11 tahun serta vaksinasi Booster yang saat ini telah bergulir.

“Semua Kabupaten/Kota segera melaksanakan percepatan vaksinasi, termasuk vaksinasi anak-anak usia 6-11 tahun,” kata Lesty Nurainy, Sabtu (15/1/2022).

Lanjut Lesty, percepatan vaksinasi ini bertujuan, selain untuk mengantisipasi pencegah Omicron di Sumsel, juga percepatan Vaksinasi anak guna medukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen.

“Tentu juga kita harus memanfaatkan stok dosis vaksin yang ada, jangan sampai tertahan di tempat penyimpanan. Jika datang langsung distribusikam agar bisa di suntikan langsung,” jelasnya.

Vaksin booster atau vaksin dosis ketiga untuk penguat diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. Vaksinasi ini diperuntukkan bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas yang telah menerima vaksin dosis kedua.

"Untuk masyarakat umum usia 18 tahun ke atas bisa dicek di aplikasi PeduliLindungi apakah sudah ada tiket untuk vaksin boosternya. Jika sudah ada bisa melakukan vaksinasi di faskes terdekat,” ujarnya.

Sementara untuk lanjut usia (lansia) bisa langsung ke faskes terdekat, jika sudah melakukan vaksinasi dosis kedua dengan jarak 6 bulan.

“Ketersediaan vaksin di Sumsel ada 2 juta yang sudah didistribusikan ke faskes yang ada di Sumsel. Nantinya juga masih rutin akan dikirim vaksin selanjutnya,” tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar