Gunungapi Dempo Level Waspada, Warga dan Wisatawan Jangan Mendekati Puncak Kawah

Visual G.Dempo tgl 20/01/2022 pkl 06.07 WIB

KBRN, Pagaralam : Status Gunungapi Dempo di Pagaralam Sumatera Selatan hingga hari ini, Kamis (20/1/2022) belum ada peningkatan aktivitas dan masih berada di level Waspada.

Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Dempo, Megian Nugraha, dalam Laporan aktivitas Gunungapi, periode pengamatan, Rabu, 19-01-2022 00:00-24:00 WIB, menyebutkan hingga saat ini belum ada peningkatan dan masih dalam status Waspada.

"Tingkat aktivitas Gunungapi Dempo yang memiliki ketinggian 3173 meter diatas permukaan laut (mppl) ini masih dalam status level waspada." jelasnya, sebagaimana disampaikan melalui situs MAGMA-VAR (Volcanic Activity Report), yang dikutip rri.co.id, Kamis (20/1/2022)

Secara meteorologi, cuaca disekitar Gunung Dempo cerah, berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah hingga kencang ke arah utara, selatan, dan barat. Suhu udara 19-24 °C. 

Sementara secara visual, gunung yang dikelilingi tiga wilayah, yakni Lahat, Empat Lawang dan Pagaralam ini terlihat jelas, kabut 0-I, kabut 0-II, hingga kabut 0-III. Asap kawah nihil.

KEGEMPAAN

■ Tektonik Jauh

(Jumlah : 1, Amplitudo : 7 mm, S-P : 36 detik, Durasi : 110 detik)

Gunung Dempo mengalami Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-3 mm (dominan 0.5 mm)

Untuk itu Kepala Pos Pengamatan Gunungapi Dempo, Megian Nugraha menghimbau saat ini masyarakat, pengunjung/wisatawan tidak mendekati dan bermalam (camping) di pusat aktivitas kawah Marapi - G. Dempo dalam radius 1 km, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar