Pemerintah Empat Lawang Bedah 650 Unit Rumah tidak Layak Huni

KBRN, Empat Lawang : Ratusan rumah tidak layak huni di Kabupaten Empat Lawang akan dibedah melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) tahun 2022.

“Tahun ini, Kabupaten Empat Lawang mendapat 650 unit rumah yang akan dibedah melalui program bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) atau bedah rumah tahun ini,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Empat Lawan, Iwan Mike Wijaya ST, Sabtu (14/5/2022).

Dikatakan, 650 rumah yang akan direhab tahun ini tersebar di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Empat Lawang. 

“Dari 650 unit rumah yang akan di bedah ini tersebar di lima kecamatan di Empat Lawang, yakni Kecamatan Muara Pinang, Pendopo, Lintang Kanan, Pendopo Barat (Pobar) dan Sikap Dalam,”jelas Iwan.

Dirinya mengatakan, bantuan bedah rumah tersebut dianggarkan melalui APBN pusat tahun 2022.

“Saat ini kita sedang melakukan verifikasi untuk rumah tidak layak huni yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah melalui program BSPS di tahun ini, dan insya Allah minggu kedua bulan April ini baru akan di mulai pelaksanaan bedah rumahnya,”ujarnya.

Kriteria rumah yang mendapat bantuan program BSPS, kata Iwan, di antaranya adalah kondisi rumah tidak layak huni, pemilik rumah berpenghasilan rendah dan, memiliki keinginan untuk memperbaiki rumahnya.

“Anggaran rehab atau rumah tidak layak huni program BSPS bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) murni tahun anggaran 2022,” jelasnya.

Diungkapkan Iwan, bantuan program BSPS tahun 2022 ada peningkatan dibandingkan tahun 2021.

“Ya, ada peningkatan dibandingkan tahun lalu. Dimana tahun 2021 kemarin ada sebanyak 415 unit rumah yang mendapatkan bantuan bedah rumah. Sedangkan tahun ini ada 650 unit rumah,”ucapnya lagi

Bedah rumah ini merupakan program pemerintah dalam upaya mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH), terutama di Kabupaten Empat Lawang

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar