BPKP OKUT: SPIP Tidak Hanya diatas Kertas, Tapi Pelaksanaannya

Bimtek Assesor dan Penilaian Maturitas SPIP, di Aula bina praja 2 Pemkab OKU Timur, Selasa (17/5/2022).

KBRN, OKU Timur : Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Timur Jumadi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Assesor dan Penilaian Maturitas Penyelenggara Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), di Aula bina praja 2 Pemkab OKU Timur, Selasa (17/5/2022).

Bimtek berlangsung selama 2 hari kerja dari  17 hingga 18 Mei 2022, dikuti  74 orang Pegawai ASN di lingkungan pemerintah daerah, terdiri dari 33 Orang Kepala OPD  serta 4 kecamatan dan masing masing OPD mengirimkan 2 orang Staff.

Bimtek ini menghadirkan Ernaldi Taqwinda merupakan Perwakilan BPKP Provinsi Sumsel.

Kepala Inspektorat Hasbullah mengatakan, bimtek ini dapat memberikan keyakinan bagi OPD sehingga dapat memadai dan tercapainya efektivitas pencapaian tujuan organisasi dan kehandalan pelaporan keuangan serta pengamanan aset negara,  ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

'' Dimana Penyelenggaraan SPIP menggambarkan tingkat kematangan pencapaian tujuan dan pengendalian Intern pemerintah pelaksanaan dalam  kegiatan ini diharapkan meningkatkan maturitas SPIP SKPD untuk  mencapai level 3.'' Jelas Hasbullah.

Hasbullah menambahkan, Bimtek ini merupakan forum bagi SKPD untuk belajar SPIP langsung dengan BPKP yang akan membantu pemerintah OKU Timur dalam meningkatkan maturitas SPIP setiap OPD.

"Kepada peserta bimtek, agar memaksimalkan kesempatan ini untuk belajar langsung sama BPKP, jika ada infrastruktur SPIP agar bisa memahami bagaimana  tatacara dalam pelaksanaannya ," tambah Hasbullah 

Sementara itu Ernaldi salah satu pemateri bimtek dari BPKP Provinsi Sumatera Selatan memaparkan bahwa SPIP tidak hanya dokumen di atas kertas saja, namun juga pelaksanaannya.

"SPIP tidak hanya pelengkapan dokumen saja, namun juga dinilai pelaksanaanya. Ia dipengaruhi oleh Hard Control juga Soft control. Ini berada di unsur pertama yaitu kepemimpinan yang kondusif. Pemimpin harus bisa memberi contoh yang baik bagi instansinya," paparnya

Tugas kami  memberikan bimbingan kepada peserta terkait implementasi penggunaan aplikasi E SPIP karena tahun ini secara manual namun di lakukan penilaian secara elektronik

Ilmu  pengetahuan dan tidak kalah pentingnya adalah kerjasama kami harapkan masing-masing OPD kerjasama mengumpulkan dokumen-dokumen terkait unsur-unsur yang akan memberikan penilaian kepada OPD .

Dibagian lain Sekda OKU Timur Jumadi berharap, ada keseriusan bagi peserta untuk mengikutinya sehingga mendapatkan Ilmu pengetahuan apa menjadi persyaratan OKU Timur untuk mendapatkan SPIP level 3.

''Diharapkan peserta mendapatkan ilmu pengetahuan kalau kita harus bergerak cepat dalam memenuhi untuk mencapai nya setiap OPD dan camat harus serius dalam melaksanakan apa yang menjadi tugas dan kewajiban setelah mengikuti bimtek ini,'' Tegasnya .

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar