Imigrasi Palembang Siapkan Tiga Tim Layani Haji

KBRN, Palembang : Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palembang menyiapkan tiga tim untuk melayani pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah calon haji asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung.

Tim pertama sukses melaksanakan tugas melayani pemeriksaan paspor 450 calon haji dari Ogan Komering Ulu (OKU) Timur saat pemberangkatan kelompok terbang (kloter) satu melalui embarkasi Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada Sabtu (25/6/2022)," kata Kasi Lantaskim Imigrasi Palembang Adep Yoenoes, di Palembang, Minggu (26/6/2022).

Pelayanan pemeriksaan dokumen keimigrasian jamaah calon haji di embarkasi Bandara SMB II itu dijadwalkan sembilan kloter mulai 25 Juni hingga 2 Juli 2022, dilakukan secara bergantian oleh tiga tim.

Hari ini Ahad (26/6/2022) diturunkan tim kedua dan sukses melayani 450 calon haji dari Kota Palembang untuk pemeriksaan paspor sebelum rombongan jamaah meninggalkan asrama haji menuju bandara seusai Shalat Subuh.

"Kemudian Senin (27/6/2022) dini hari diturunkan tim ketiga melayani pemeriksaan paspor 450 calon haji kloter ketiga gabungan tiga daerah yakni Palembang, Pagaralam, dan Ogan Komering Ilir diberangkatkan dari Bandara SMB II Palembang menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah menggunakan pesawat Saudi Airlines," ujarnya.

Dia menjelaskan, timnya siap memfasilitasi keberangkatan seluruh calon haji melalui embarkasi SMB II Palembang dengan mengupayakan pemeriksaan dokumen keimigrasiannya sejak dini hari agar pemberangkatannya di pagi hari sesuai jadwal yang ditetapkan.

Tim tersebut menyiapkan skema keberangkatan dan kepulangan 3.000 lebih jamaah asal Sumatera Selatan dan Bangka Belitung itu yang dibagi dalam sembilan kelompok terbang (kloter).

Setelah pemberangkatan calon haji berakhir 2 Juli 2002, tiga tim akan beristirahat beberapa pekan dan melanjutkan persiapan pelayanan kedatangan jamaah haji.

Berdasarkan jadwal, kedatangan jamaah haji asal Sumsel kloter pertama pada 1 Agustus 2022, dilanjutkan kloter kedua 2 Agustus, kloter ketiga dan empat 5-6 Agustus, kloter lima hingga sembilan berturut-turut 8-12 Agustus 2022, ujar Kasilantaskim.

Kepala Kantor Imigrasi Palembang Mohammad Ridwan menambahkan pihaknya membentuk tiga tim beranggota 50 orang untuk melayani pemberangkatan sembilan kloter JCH Sumsel dan Babel. 

Tiga tim itu masing-masing diketuai oleh Kasi Lantaskim Adep Yoenoes, Kasubag Tata Usaha Yovita MahendraKasih, dan Kasubsi Informasi Keimigrasian Eka Puryati, ujar Ridwan.

Sementara sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Syafitri Irwan menjelaskan bahwa pada masa haji 1443 Hijriah/2022 ini pihaknya membagi menjadi sembilan kelompok terbang (kloter) untuk memberangkatkan 3.183  calon haji asal provinsi setempat.

Untuk memberangkatkan ribuan calon haji serta dua pembimbing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) dan 16 petugas daerah dijadwalkan pada gelombang kedua antara 25 Juni - 2 Juli 2022.

Selain JCH asal Sumsel, pihaknya juga memfasilitasi pemberangkatan 486 calon haji dari Provinsi Bangka Belitung.

Seluruh calon haji dari Sumsel dan Bangka Belitung yang akan diberangkatkan untuk beribadah ke Tanah Suci Mekkah sehari sebelumnya diinapkan di asrama haji Palembang, kata Syafitri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar