Jurnalistik UINRF-Ombudsman Sepakat Perkuat Fungsi Jurnaslime Warga

KBRN, Palembang : Program studi (Prodi) Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang bekerjasama dengan  Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel) sepakat mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik.

Untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima, Prodi Jurnalistik dan Ombudsman sepakat meningkatkan peran Jurnalisme Warga sebagai transformasi layanan publik di Sumsel.

Wujud ide tersebut diutarakan Dekan FDK Dr. Achmad Syarifuddin, MA saat memberikan sambutan, dihadapan Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumsel, M Adrian Agustiansyah, S.H., M.Hum di acara Zoom Meeting yang mengangkat tema “Pers, Ombudsman dan Masa Depan Layanan Publik Pasca Covid-19”, Kamis (30/6/2022). 

Dalam siaran pers Humas UINRF, Dekan FDK UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Achmad Syarifuddin, MA menyambut baik kegiatan yang diinisiasi Ombudsman Sumsel dan Prodi Jurnalistik ini.

Menurutnya, peran Jurnalisme harus mulai menjadi perhatian bersama dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan prima khususnya di wilayah Sumsel.

"Kita apresiasi, ini membuka kesempatan bagi Ombudsman dan FDK dalam berbagai kegiatan kedepannya," ungkapnya.

Syarifudin berharap, kolaborasi yang dilakukan Prodi Jurnalistik dan Ombudsman seperti ini dapat terus berkelanjutan untuk meningkatan kualitas SDM.

"Bagi mahsiswa kami, kegiatan ini bagian dari pengembangan wawasan jurnalisme, sehingga mahasiswa yang notabene sebagai calon jurnalis dapat mengetahui berbagai macam dan jenis pelayanan publik yang ada di Sumsel," imbuhnya.

Selain Ketua Perwakilan Ombudsman Sumsel, pembicara laiinya adalah Sekretaris Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Jufrizal, M.A,, yang juga pegiat di Institute of Journalism and Media (IJM) sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, dengan memaparkan materi tentang Jurnalisme Warga Sebagai Tranformasi Isu Pelayanan Publik”.

“Koloborasi antara Ombudsman dan Perguruan Tinggi merupakan upaya bersama dalam meningkatkan peran pengawasan terhadap penyelenggaraan pelayan publik di Indonesia,” ungkap, Adrian Agustiansyah.

Menurut Adrian Agustiansyah, Ombudsman terus mendorong semua lapisan masyarakat berperan aktif memotret pelayanan publik. Potret dari warga akan menjadi informasi informal bagi Ombudsman dalam melakukan kerja-kerja lebih luas yang berdampak bagi masyarakat dalam perihal isu-isu pelayanan publik.

Dia juga menambahkan ada empat orang mahasiswa Prodi Jurnalistik yang magang di Ombudsman, dan mereka masuk dalam panitia pelaksana webinar ini.

Sementara itu, Ketua Prodi Jurnalistik FDK UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Nurseri Hasnah Nasution, M.Ag mengatakan, kegiatan ini diinisiasi pihak Ombudsman dan mahasiswa Prodi Jurnalistik yang sedang melaksanakan praktik profesi (Magang) di Ombudsman.

Nurseri menjelaskan, selama magang mahasiswa diberikan kebebasan dalam mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan selama di dalam kelas.

"Setelah magang diharapkan adanya peningkatan skill bagi mahasiswa sebagai modal saat terjun ke dunia kerja," tegasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar