Nakes Vaksin Booster Kedua

foto : ist

KBRN, Palembang : Sebanyak 49 ribu tenaga kesehatan di Sumsel, mulai melakukan vaksinasi COVID-19 dosis keempat atau booster kedua.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Trisnawarman mengatakan, vaksinasi dosis keempat mulai dilakukan di 17 kabupaten dan kota di Sumsel yang dimulai pada Senin kemarin.

Pemberian vaksin tersebut sama seperti sebelumnya kondisi para penerima harus dalam keadaan sehat dan lebih harus melakukan skrining kesehatan.

"Hari Minggu edaran petunjuk teknisnya sudah terima, sehingga Senin langsung dimulai vaksinasi dosis keempat," jelasnya, Jumat (12/8/2022).

Tris menjelaskan, vaksinasi yang diberikan kepada nakes lebih dulu menggunakan stok yang tersedia. Namun, untuk jenis vaksin sendiri tergantung kepada pengunaan vaksin booster sebelumnya.

"Misalnya kemarin booster pertama Moderna, maka yang kedua juga harus Moderna," ujarnya.

Sejauh ini, booster kedua hanya dikhususkan hanya kalangan nakes. Kendati demikian, Trisnawarman belum bisa memastikan apakah nantinya masyarakat umum juga akan diberikan dosis keempat seperti sebelumnya.

"Sementara kami masih kejar target booster kedua nakes dulu, masyrakat umum sepertinya belum. Nanti kita lihat lagi kondisi ke depannya seperti apa," ujarnya.

Berdasarkan data dari Satgas COVID-19 Sumatera Selatan, jumlah vaksinasi dosis ketiga untuk seluruh kalangan baru mencapai sebanyak 19,87 persen dari target sasaran 7.202.758 orang. Sementara, dosis kedua telah mencapai 67,43 persen dan dosis kesatu sebanyak 84,34 persen. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar