Kilang RU III Plaju Raih Sertifikat Emas Kapolri

KBRN, Palembang : Sebagai salah satu Obyek Vital Nasional (Obvitnas), perhatian manajemen PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) III Plaju (selanjutnya disebut Kilang Pertamina Plaju) terhadap keamanan sangat tinggi.

Hal itu dibuktikan dengan ketatnya peraturan yang diberlakukan dalam rangka mendukung pengamanan di dalam kawasan operasional perusahaan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan dukungan semua pihak sangat dibutuhkan untuk turut menjaga keamanan dan kondusifitas operasional bisnis Kilang Pertamina Plaju. 

“Sebagai salah satu obvitnas yang beroperasi di Palembang, Kilang Pertamina Plaju harus kita jaga bersama, kami berharap dukungan semua pihak untuk turut menjaga keamanan dan kondusifitas kilang,” ujar Rachmi dalam siaran pers yang diterima RRI, Selasa (25/1/2022).

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah mendukung upaya pengamanan di Kilang Pertamina Plaju. "Kami ucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri yang selalu mendukung agenda pengamanan di Kilang Pertamina Plaju," imbuhnya.

Tingginya perhatian terhadap keamanan obvitnas itu juga telah mengantarkan PT KPI RU III Plaju pada prestasi gemilang. Rabu (19/1/2022) lalu, Kilang Pertamina Plaju telah menerima Sertifikat Emas untuk Sistem Manajemen Pengamanan (SMP). Sertifikat Emas ini ditandatangani langsung oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. 

Perolehan sertifikat emas itu didasarkan pada lima prinsip yakni komitmen dan kebijakan, pola pengamanan, konfigurasi pengamanan, standar kemampuan pelaksana pengamanan, serta monitoring & evaluasi, semuanya mendapat hasil baik sekali, dengan hasil pencapaian bobot prinsip ditotal sebesar 93,75%. 

Tujuan dari Audit Sistem Manajemen Pengamanan dilakukan untuk melihat serta memetakan sudah sejauh mana sistem manajemen pengamanan diterapkan dan menjadi bagian dari sistem Kilang Pertamina Plaju dalam pengelolaan perusahaan.

Sertifikat penghargaan itu diserahkan langsung oleh Kakorsabhara Baharkam Polri Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, M.M. kepada Manager HSSE RU III Binsar Butar Butar, didampingi Section Head Security Kilang Pertamina Plaju Gatot Firmannulloh, di Hotel Horison, Jakarta.

Dengan diberikannya sertifikat emas ini, diharapkan Sistem Manajemen Pengamanan tetap terpelihara degan baik  dan memacu semangat Pekerja Kilang Pertamina Plaju dengan kesadaran bahwa aspek pengamanan harus menjadi perhatian bersama sehingga pada gilirannya akan memberikan hasil yang maksimal serta dijauhkan dari kejadian yang dapat merugikan perusahaan.

Sebelumnya telah digelar Kegiatan Bimbingan Teknis pada Tanggal 11-15 Oktober 2021 silam, dilanjutkan dengan Eksternal Audit pada 1-3 Desember, dan diitutup dengan kegiatan Klarifikasi Audit Sistem Manajemen Pengamanan Tanggal 13 s.d 15 Desember 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar