Tingkatkan Daya Saing Pasar Global, Pelaku UMKM di Palembang Ikut Pelatihan Fintech

KBRN, Palembang : Sebanyak 75 pelaku UMKM di Palembang, Sumatera Selatan, mengikuti Pelatihan Digital Enterpreneurship Academy (DEA) yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan SDM dan Penelitian (BPDSMP) Komunikasi dan Informatika Jakarta.

Kepala BPDSMP Kominfo Jakarta, Parulian Sitompul, mengungkapkan, pelatihan yang dilaksanakan merupakan bagian dari delapan program Digital Talent Scholarship (DTS) yang fokus pada upaya peningkatan kemampuan pelaku UMKM di bidang teknologi informatika.

Adapun materi pelatihan yang dilaksanakan kali ini fokus pada pengelolaan keuangan digital (Fintech). Parulian mengatakan, para pelaku UMKM diharapkan dapat mengaplikasikan teknologi informasi dalam usaha mereka mulai dari pemasaran hingga transaksi keuangan.

“Selain pengelolaan keuangan mereka juga akan diberikan pelatihan e Commerce atau perniagaan melalui teknologi informatika, mengenalkan bagaimana bisa masuk ke marketplace,” ujar parulian kepada RRI usai membuka pelatihan secara resmi di Palembang, Jumat (19/8/2022).

Menurut Parulian, para peserta pelatihan merupakan pelaku UMKM yang belum mengenal secara dekat teknologi informatika dan merasa perlu ada penambahan pengetahuan dibidang teknologi infirmatika khususnya keuangan digital.

“Era perdagangan bebas sekarang tidak bisa dielakkan lagi sehingga perdagangan antar negara sekarang sangat terbuka, oleh karenanya kami mengajak masyarakat untuk bisa menggunakan teknologi infirmatika agar bisa melakukan perdagangan secara internasiona juga mulai dari ASEAN hingga Eropa,” beber Parulian.

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 19 dan 20 Agustus 2022. Parulian berharap para peserta dapat menerapkan hasil pelatihan mereka dalam mengembangkan bidang usahanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar