BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Selat Bangka Bagian Utara

KBRN, Palembang :  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan tinggi gelombang laut di Selat Galasa dan Selat Bangka bagian utara, Selasa (25/1/2022) berkisar 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Untuk itu bagi nelayan, nakhoda kapal, dan pengguna angkutan laut lainnya diminta mewaspadai gelombang yang dapat mengakibatkan kerusakan dan tenggelamnya kapal.

Berbeda dengan gelombang laut di Selat Bangka bagian Selatan yang relatif aman yakni 0,1 meter hingga 0,5 meter. Namun, para pengguna armada laut juga diminta mewaspadai cuaca berawan dan berawan tebal serta kecepatan arah dari Barat – Utara yang diperkirakan 8 – 40 km/jam di Selat Bangka baik di bagian utara maupun selatan.

Pada Selasa ini, cuaca sebagian besar wilayah Sumatera Selatan diperkirakan mengalami hujan ringan hingga hujan lebat.

Pada pagi hari, cuaca diperkiraan cerah berawan, berawan hingga potensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin, dan OKI (Ogan Komering Ilir). Kemudian, berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas Utara.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Lubuk Linggau dan Empat Lawang.

Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di wilayah OKU Timur, OKI, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah OKU Selatan, OKU Timur, OKI, Muara Enim, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Banyuasin, PALI, Palembang, Ogan Ilir, dan Prabumulih. Sedangkan cuaca berpotensi hujan ringan pada malam hari di wilayah Lahat, Empat Lawang, dan OKU.

Pada dini hari, cuaca diperkirakan berawan dan udara kabur/berkabut, berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Muara Enim, PALI, Ogan Ilir, OKI, dan Banyuasin. Kemudian, berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Banyuasin, Prabumulih dan Palembang.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI perkirakan berkisar 23 – 33 °C dengan kelembapan Udara 60 persen - 96 persen.

Suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi di Pagaralam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan diperkirakan berkisar 19 – 32 °C dengan kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar