Tingkatkan Ukuwah, Kesultanan Palembang Darussalam Gelar Halal Bi Halal

KBRN, Palembang: Mempererat hubungan dengan kerabat, Kesultanan Palembang Darussalam menggelar  halal bihalal di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di Jalan Sultan Muhammad Mansyur No. 776 , Senin (16/5/2022).

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo, RM Fauwaz Diradja mengatakan, kegiatan yang diadakan ini untuk menambah ukhuwah hingga mempererat hubungan antar kerabat Kesultanan Palembang Darussalam.

“Kita menggelar kegiatan ini dengan sederhana saja, tapi tujuannya itu kita ingin meningkatkan ukhuwah hingga mempererat hubungan kita dengan kerabat Kesultanan Palembang Darussalam,” kata SMB IV.

Dirinya menjelaskan, bahwa di era globalisasi dan teknologi seperti sekarang ini harus bisa memanfaatkannya guna melestarikan sejarah, khususnya Kesultanan Palembang Darussalam.

“Oleh karena itu kita berterima kasih kepada kerabat dalam mensukseskan beberapa kegiatan, yang bertujuan meningkatkan nilai-nilai Kesultanan Palembang Darussalam,” katanya kepada wartawan.

Ia optimis dengan berbagai upaya yang dilakukan, peninggalan hingga sejarah Kesultanan Palembang Darussalam akan terus dikenang dari generasi ke generasi dengan terus berupaya membumingkan dan melestarikan sejarah Kesultanan Palembang Darussalam.

Pangeran Suryo Febri Irwansyah mengatakan,  Kesultanan Palembang Darussalam saat membutuhkan dukungan semua pihak , asal mempunyai komitmen  yang sama dengan kesultanan Palembang Darussalam maka dia berhak mendapatkan sertifikat kerabat Kesultanan Palembang Darussalam.

“Visi kita itu bagaimana menjayakan Palembang Darussalam seperti masa lalu  sebagai pusat sastra dan pusat ajaran agama Islam di Palembang ini,” katanya.

Apalagi dia melihat identitas Palembang Darussalam tertutup oleh identitas Sriwijaya.

“ Karena itu Kesultanan Palembang Darussalam akan bersama-sama berjuang bagaimana identitas Palembang Darussalam bisa diwujudkan,” katanya.

Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Provinsi Sumsel, Merry Hamraeny, S.Pd, M.M berterima kasih kepada Kesultanan Palembang Darussalam yang mengajak  mereka untuk bermitra  menjadi keluarga besar Kesultanan Palembang Darussalam .

“ Kami siap berkomitmen keluarga besar kerabat Kesultanan Palembang Darussalam siap bermitra dan bersinergi dengan Kesultanan Palembang Darussalam untuk mengembangkan kebudayaan, sejarah, adat istiadat Palembang Darussalam khususnya,  Sumatera Selatan pada umumnya ,” katanya.

Hadir diantaranya Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jayo Wikramo, RM Fauwaz Diradja, Datuk Sri Ramli Sutanegara, Raden Ali Hanafiah (Mang Amin), Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel yang juga Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumsel Mgs Syaiful Padli, Anggota DPRD Kota Palembang dari Fraksi PKS Ridwan Saiman SH MH dan Hibanni , R Amin Prabowo dari Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) , Regional Manager LinkAja Sumatera Bagian Selatan Najaibul Asror, Bintaldan II Sriwijaya Mayor Infantri Zulfikar, tokoh masyarakat Sumsel , Toni Panggarbesi, Komandan Daerah Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara) Sumsel Iskandar Sabeni , Kepala Sekolah  SMAN 6 Palembang yang juga seniman dan budayawan,Fir Azwar, Ketua Forum Palembang Bangkit (FPB) Idham Rianom ,  seniman Palembang Heri Mastari, Ketua Komunitas Jeep Pariwisata Palembang (KJPP) Ersan Benyamin alias Ican , Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) Provinsi Sumsel, Merry Hamraeny, S.Pd, M.M, Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Angkatan Muda Keluarga Palembang Darussalam (AMKPD) dr. Nyayu Hj. Alfa Gajahnata , Perwakilan Global Ikhwan Palembang, Ketua Umum Forum Pariwisata dan Budaya (Forwida) Sumsel, Diah Kusuma Pertiwi, Sekjen  Organisasi Masyarakat (Ormas) Pelembang Darussalam Sepakat (Pedas) Ahmad Idham Murni , Pemilik Bakso Granat Mas Azis (BGMA), Abdul Azis, Indah Anna Kumari, para guru-guru dari Agsi Sumsel, Ketua Panitia Mang Liem, Komunitas Pedagang dan Pencinta Kuliner Nusantara dipimpin Rohana dan sejumlah pengurus lainnya.

Juga hadir Dato’ Pangeran Puspo Kesumo, R.M.Rasyid Tohir,S.H, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Mas'ud Khan, Pangeran Suryo Febri Irwansyah (Vebri Al Lintani), Pangeran Suryo Kemas A. R. Panji, Pangeran Jayo Syarif Lukman,  Pangeran Kesuma, Hernoe Roesprijadji, Pangeran Nato Drs Ramlan Holdan , Radenayu Rahmaniah.

Acara diselingi dengan pembacaan puisi hiburan dan makan bersama ala tradisi Palembang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar