Cuaca Panas, Ini Cara Agar Tubuh Tetap Sejuk

Cuaca panas (Foto: RRI)

KBRN, Palembang : Dalam beberapa pekan terakhir cuaca panas melnyelimuti wilayah kota Palembang dan sejumlah daerah di Sumatera Selatan.

Dalam info cuaca yang disiarkan Programa 1 RRI Palembang, Minggu (26/6/2022), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II Palembang, Minggu (26/6/2022) merilis prakiraan cuaca di wilayah kabupaten dan kota provinsi Sumatera Selatan, pada pagi hari cuaca Cerah berawan; dan berpotensi hujan ringan di wilayah OKI.

Sedangkan pada siang hingga sore hari cuaca berawan; potensi hujan sedang - lebat terjadi di wilayah OKI, OKU, OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Lahat, Pagar Alam dan Muara Enim; potensi hujan ringan di wilayah Ogan Ilir, PALI, Palembang, Prabumulih dan Empat Lawang.

Cuaca panas membuat aktivitas sehari-hari terasa lebih berat karena tubuh mengeluarkan keringat berlebihan yang tak jarang bikin lemas. Maka dari itu menjaga tubuh agar tetap sejuk di cuaca panas adalah sangat penting agar tidak berisiko bagi kesehatan.

Dikutip dari Halodoc, berikut ini beberapa tips agar kita tetap sejuk di cuaca panas :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Cuaca panas membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan keringat yang bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika ingin tetap segar dalam cuaca panas, perbanyaklah minum air putih walaupun tidak merasa haus.

2. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan sayur mengandung banyak cairan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menyejukan tubuh. Pilih buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti mentimun dan semangka agar dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang karena cuaca panas. 

3. Kurangi Porsi Makan Berlebihan

Makan berlebihan juga bisa meningkatkan suhu tubuh karena perubahan metabolisme sehingga sebaiknya hindari porsi makan berlebihan.

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Cara berpakaian akan sangat mempengaruhi dampak dari cuaca panas terhadap tubuh. Agar tubuh tetap dalam keadaan sejuk kenakan pakaian yang longgar dan berpotongan pendek karena dapat mengalirkan udara ke dalam pakaian di sekitar permukaan kulit sehingga tubuh tidak panas. 

Selain itu, pilih juga pakaian berbahan katun yang lebih baik dalam menyerap kelembaban atau keringat. Dan terakhir, kenakan pakaian yang berwarna cerah karena dapat memantulkan panas dan cahaya matahari dengan lebih baik.

5. Istirahat yang Cukup

Kenali kemampuan tubuh terhadap cuaca panas dan beristirahatlah yang cukup. Jika memungkinkan batasi aktivitas di luar ruangan di siang hari ketika matahari sedang bersinar terik. Lebih baik beraktivitas lebih dini di pagi hari atau menunggu sore hari ketika cuaca berangsur lebih sejuk. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar