Pemukiman Disekitar Sungai Sekanak-Lambidaro Bakal Direhab

foto : Bakohumas

KBRN, Palembang : Pemerintah Kota Palembang menargetkan restorasi sungai Sekanak Lambidaro sepanjang 400 meter yang bakal dijadikan tempat pedestrian rampung awal Tahun 2022 mendatang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, progres restorasi sungai yang dimulai sejak Mei 2021 kini sudah mencapai lebih dari 80 Persen, selanjutnya pedestraian yang sebelumnya berada di Jalan Sudirman akan dipindah dikawasan tersebut.

"Kalau saya lihat, sudah 80-90 persen ini sudah selesai jadi tinggal kami kerjakan pedestriannya agar terlihat cantik dan kami buatkan pelindung di sekitar sungai supaya anak-anak terjauh dari bahaya," ungkapnya saat meninjau progres proyek Sekanak Lambidaro, Selasa (7/12/2021). 

Wali Kota mengatakan,  rumah warga yang berada di sekitaran sungai tersebut direncanakan akan diperbaharui melalui program CSR (Corporate Social Resposibility)

"Akan disiapkan program CSR (Corporate Social Resposibility-red) atau tanggung jawab sosial perusahaan untuk mendanai masyarakat yang ingin mempercantik rumahnya, atau bahkan membuka usaha kecil." tambahnya.

Selain itu, destinasi wisata baru itu juga direncanakan akan dibangun dua unit jembatan baru.

"Jembatan lengkung ini akan dibangun tahun depan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera VIII," beber Walikota.

Proyek kebanggaan Kota Palembang ini diharapkan dapat menjadi pembawa turis dan pengunjung. Masyarakat  terutama yang tinggal di daerah sekitar, diminta untuk  menjaga lingkungan sekitar.

"Jangan buang sampah di sungai. Mari kita jaga kebersihan dan kelestarian sungai," tutup Wali Kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar