Wawako Temukan Bahan Pangan Mengandung Zat Berbahaya di Pasar

Foto : Kominfo

KBRN, Palembang : Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda kembali menemukan bahan pangan mengandung zat berbahaya dijual di masyarakat luas.

Dalam sidaknya yang dilakukan, Selasa pagi (17/5/2022), Wawako mendapati sejumlah bahan pangan mengandung Rodhamin B, diantaranya produk terasi.

"Ada 34 sampel yang diuji laboratorium. Di antaranya mi basah, ikan asin, terasi kue, dan lainnya. Enam bahan makanan, dinyatakan positif mengandung Rodhamin B. Semuanya produk terasi,” ujar Wawako kepada wartawan.

Wawako mengatakan, dalam upaya mencegah adanya zat berbahaya dalam produk makanan, pihak nya telah menyiapkan pojok pasar bekerjasama dengan Badan Pom di pasar itu, namun ia menyesali masih ditemukan oknum pedagang nakal.

“Pasar 10 Ulu ini salah satu pasar yang sudah kita siapkan pojok pasar yang bekerjasama dengan BPOM dan Pemkot Palembang, tapi ternyata pojok pasar ini tidak digunakan sehingga masih ada pedagang yang nakal menjual makanannya untuk keuntungan pribadi. Kita minta masyarakat memanfaatkan pojok pasar ini,” Tambah Wawako

Ditempat yang sama Kepala BBPOM Palembang, Zulkifli, mengatakan, Rodhamin B yang merupakan bahan pewarna kain berampak jangka panjang pada kesehatan jika dikonsumsi manusia.

“Kita akan telusuri asal bahan tersebut. Dua tahun lalu juga kita pernah menemukan bahan pangan mengandung Rhodamin B,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar