Pemkot Palembang Dorong 100 UMKM Masuk Pasar Digital

ilustrasi : ist

KBRN, Palembang : Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menggelar bimbingan teknis pelaporan keuangan secara digital bagi pengusaha UMKM di kota ini.

Sekda Palembang, Ratu Dewa menyebutkan sebanyak 101.903 pelaku usaha mikro yang ada di Kota Palembang akan diberikan pembinaan terkait pelaporan keuangan secara digital.

"Ini bertahap dari program kepengurusan UMKM, Pada intinya, insyaAllah seluruhnya akan kita adakan pembinaan, pelatihan, dan juga diklat secara teknis," ujarnya, Kamis (30/6/2022).

Lebih lanjut, Ia mengajak para pelaku usaha mikro untuk menggunakan laporan keuangan secara digital melalui aplikasi.

"Selama ini masih manual. InsyaAllah berkat pelatihan ini kita mengajak para pelaku usaha mikro untuk menggunakan aplikasi yang ada di Google Play Store,” kata Dewa.

Pelatihan ini disambut positif pelaku/pengusaha UMKM. Asri (42), salah satu perserta bimtek, mengatakan, bahwa informasi yang diberikan sangat memudahkan dan menyadarkan peserta bagaimana pentingnya teknologi untuk usaha mereka.

“Karena kan selama ini aplikasi itu (yang digunakan) belum bisa termanfaat dengan baik. Karena masih minim pengetahuan. Kalau sekarang kan kita dikasih informasi lebih jelas,” katanya.

Menurut Asri, sebelumnya Ia masih menggunakan sistem manual dan fitur dari aplikasi Gojek atau Grab, di mana laporan yang diberikan sangat sederhana.

“Harapan ke depannya makin banyak aplikasi digital yang bisa menawarkan harga yang lebih kompetitif dengan fasilitas yang lengkap,” ujar Asri

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar