Komisioner Terpilih, KPID Provinsi Sumsel Belum Dilakukan Pelantikan

KBRN, Palembang: Komisi I DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) telah menyerahkan 21 nama berdasarkan ranking ke Gubernur Sumsel, dimana nantinya akan ada 7 komisioner KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024 yang mengisi jabatan tersebut. Namun sayangnya,  telah dua bulan lebih berlalu komisioner terpilih periode 2021-2024 belum juga dilantik.

 Kepala Dinas Kominfo Sumsel, H. Achmad Rizwan, SSTP, MM mengatakan,  untuk KPID periode 2021-2024 sekarang masih berproses administrasinya.  Kalau sudah selesai maka akan dilaksanakan pelantikan.

 “Di KPID Sumsel saat ini tidak ada kekosongan.  Karena pihak pemerintah sudah menyiapkan skenario perpanjangab sampai KPID yang baru dilantik, ” katanya saat diwawancarai di Swarna Dwipa,  Rabu (23/3/2022).

Menurutnya setelah semua administrasi diproses maka akan segera dilantik.

“Jika sudah fix,  sudah final maka akan kita sampaikan ke masyarakat dan segara dilakukan pelantikan.  Pada prinsipnya tidak ada kendala,” kata Rizwan.

 Menanggapi molornya pelantikan KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024, pengamat kebijakan publik Bagindo Togar mengatakan,  ada beberapa hal yang menyebabkan pelantikan KPID yang baru belum dilantik.  Pertama mungkin Gubernur sedang mempelajari apakah 7 orang komisioner yang baru ini mampu dan bersedia menjadi mitra strategis dengan Pemprov.  Kedua,  Calon anggota KPID yang baru nanti apakah sangat dikenal secara spesifik.  Ketiga,  Gubernur sedang mempelajari  7 anggota KPID yang baru ini sampai dimana kualifikasinya.

“Kemudian keempat mungkin Pemprov masih terlalu sibuk atau jadwalnya sangat padat.  Sehingga belum dijadwalkan pelantikan KPID Sumsel yang baru dan kelima KPID belum begitu penting dilantik karena masih banyaknya kegiatan urgen yang lain di Pemprov, ” katanya.

Menurut Bagindo,  tugas DPRD Provinsi Sumsel mengingatkan Gubernur  agar anggota KPID yang baru ini dilantik.

“DPRD Provinsi Sumsel jangan diam saja,jangan pasif.  Sehingga DPRD Provinsi Sumsel harus mengingatkan dan memberi peringatan ke Pemprov agar segera dilakukan pelantikan.  Saatnya kita patuh pada Undang Undang dan regulasi.  Harus ada komitmen Pemprov untuk segera melantik anggota KPID Provinsi Sumsel periode 2021-2024 yang terpilih, ” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar