Pemilih Pemula di Palembang Diprediksi Naik 8 Persen

Pemilu 2024

KBRN, Palembang : Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Palembang memprediksi pada Pemilu 2024 mendatang akan ada peningkatan 6 sampai 8 persen pemilih pemula di ibu kota provinsi Sumatera Selatan.

Data ini berdasarkan jumlah pelajar di Palembang yang kemudian akan menjadi pemilih pemula di tahun 2024.

Saat ini jumlah warga kota Palembang yang memenuhi syarat pemilih mencapai 1,3 juta. Jumlah ini masih akan mengalami perubahan menjelang agenda Pemilu tahun 2024.

Adanya penambahan jumlah pemilih pemula tersebut, kata Komisioner KPU Palembang, Syawaludin, karena pada tahun 2024 nanti usia para pelajar itu sudah memasuki usia wajib memilih.

"Bakal ada penambahan 6-8 persen jumlah pemilih pemula pada tahun 2024. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan DPT pada tahun 2024," ujarnya, Jumat (17/6/2022).

Syawaludin menngungkapkan, pihak KPU Palembang masih terus melakukan Daftar Pemilih Tetap (DPT)menjelang tahapan Pemilu. KPU juga mengembangkan aplikasi yang bisa melindungi suara seorang pemilih. Dalam Aplikasi tersebut bisa diketahui, apakah suara dari pemilih tersebut sudah terlindungi.

"Ada aplikasi yang bisa mengeceek, atau melindungi suara pemilih. Aplikasi ini nanti akan lebih dikenalkan kepada masyarakat terutama pemilih pemula tersebut," terangnya.

Selain itu KPU Palembang juga bekerjasama dengan pihak sekolah guna memastikan para siswa yang tergolong menjadi pemilih pemula nantinya bisa menyalurkan hak suara pemilih.

"Pemilih pemula ini kadang kesulitan untuk mendaftarkan. Karena itu sejak awal KPU bersama dengan sekolah, melakukan pendataan verifikasi dan memastikan para siswa akan bisa menjadi pemilih pada Pemilu 2024," ungkapnya.

KPU Palembang memastikan, akan menjamin hak suara pemilih pemula tetap terjaga dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Saat ini KPU Palembang sedang melakukan tahapan verifikasi menjelang tahapan Pemilu 2024. Baru terdapat 7 partai yang menyelesaikan proses verifikasi dari 23 parpol yang mendaftarkan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar