FOKUS: #PON XX PAPUA

Menpora: Papua Sukses Prestasi dan Penyelenggara

KBRN, Jakarta: Pemerintah kembali mengapresiasi Provinsi Papua karena telah sukses menggelar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dengan aman dan lancar. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mengatakan, Papua bahkan tidak hanya sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sukses dari segi prestasi karena mampu menduduki peringkat empat besar klasemen akhir PON XX.

Dimana sejak awal penyelenggaraan PON, panitia dan pemerintah mencanangkan beberapa kesuksesan dalam penyelenggaraan kegiatan multi event olahraga nasional empat tahunan tersebut. Diantaranya, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, dan sukses dampak ekonomi kepada masyarakat Papua.

“Sejak awal persiapan penyelenggaraan PON, Papua menargetkan sukses di bidang penyelenggaraan, sukses di bidang prestasi dan juga sukses ekonomi. Ternyata bisa sukses prestasi, khususnya untuk Papua mereka mendapatkan posisi nomor empat di perhelatan PON ini,” ucap Menpora dalam keterangannya kepada media secara virtual dari kantor sementaranya di Jayapura, Papua, Sabtu (16/10/2021).

Keberhasilan Papua menduduki peringkat ke empat pada klasemen akhir PON dianggap Menpora Amali sebagai sebuah prestasi yang luar biasa bagi Papua. Karena selama ini dari PON ke PON posisi lima besar selalu didominasi oleh beberapa provinsi seperti Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Selain prestasi, Papua juga akhirnya mendapatkan pengakuan bahwa mereka dapat menggelar kegiatan akbar layaknya daerah lain di Indonesia. Menurut Menpora, meski sempat ada sedikit kekurangan namun secara keseluruhan semua kegiatan berjalan lancar. 

"Awal persiapan PON hampir tiap hari saya mendapatkan pertanyaan dari kontingen - kontingen yang di luar Papua tentang bagaimana pelayanan atau hospitality-nya. Saya katakan Papua mampu, karena kesuksesan PON ini bagi pemerintah dan masyarakat Papua adalah harga diri mereka," lanjut Menpora. 

Menpora menambahkan, kesuksesan PON di Papua pun akhirnya menepis persepi dan anggapan masyarakat selama ini tentang kondisi Papua. Pertanyaan mengenai keamanan dan kemajuan Papua pun akhirnya terjawab dengan kenyamanan yang didapatkan para kontingen selama berada di Papua. 

"Selama berkantor di sini (Jayapura) saya berkeliling ke banyak tempa terutama di tempat menginap para kontingen. Semua terlayani dengan baik. Saya bertanya tanggapan mereka tentang Papua, dan semua menjawab bahwa kondisi Papua sangat aman dan hampir tidak ada perbedaannya dengan daerah lain di Indonesia," imbuh Amali. 

Setelah Papua, Privinsi Aceh dan Sumatera Utara akan menjadi penyelenggara PON XI. Menpora berharap, kesuksesan yang sama akan terulang di tahun 2024.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00