Jadwal Padat, Tak Menghentikan Salah Untuk Berpuasa

KBRN, Jakarta: Bulan Ramadan telah tiba. Umat muslim di seluruh penjuru dunia pun bersuka cita menyambutnya. Tak terkecuali bintang Liverpool, Mohamed Salah.

Mohamed Salah, melalui akun Twitter-nya, mengucapkan selamat menyambut Ramadan sambil mengunggah foto dirinya, pada hari Selasa (13/4/21) lalu.

Dalam foto tersebut, Mohamed Salah yang menggunakan piyama warna hitam, berfoto dengan latar belakang dekorasi bintang dan bulan sabit lengkap dengan lampu hias, serta karpet khas Mesir, negara kelahirannya.

Mohamed Salah adalah salah satu pesepakbola yang terkenal taat dalam menjalankan ibadahnya.

Yang sangat menakjubkan, dirinya tetap menjalankan ibadah puasa meski harus tampil di final Liga Champions 2018-2019 saat Liverpool melawan Tottenham Hotspur di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid.

Dilansir dari akun Twitter Mohamed El Gazar (16/4/21), saat itu terlihat momen Salah berbuka puasa dengan air mineral. Ia mengambil botol berisi air dari ofisial Tottenham Hotspur saat Jan Vertonghen sedang menjalani perawatan.

Tak lama berselang, Salah memberi minumnya itu kepada Sissoko yang juga berpuasa. Mereka berbuka bersama pada akhir babak pertama, tepatnya menit 39.

Pada saat itu, jadwal kick-off laga Tottenham Hotspur kontra Liverpool sendiri berlangsung pada pukul 21.00 waktu Madrid, sementara waktu berbuka puasa atau azan Maghrib adalah pukul 21.44.

Adapun setidaknya ada tiga pemain beragama muslim yang bermain di laga puncak tersebut. Selain Salah, dua pemain lainnya adalah Sadio Mane dan punggawa Tottenham Hotspur, Moussa Sissoko.

Mohamed Salah juga tetap menjalani puasa saat duel Liverpool kontra Real Madrid pada leg kedua Liga Champions musim ini yang dihelat Kamis (15/4/21) kemarin.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tidak melarang para pemainnya menjalankan ibadah puasa. Ia begitu menghormati keputusan anak asuhnya dalam menjalankan ibadah.

"Tak masalah sama sekali dengan para pemain yang menjalankan puasa karena saya menghormati agama mereka," ungkap Klopp, dilansir dari Sky Sports (16/4/21).

DI tengah-tengah jadwal latihan dan pertandingan yang sangat padat, Mohamed Salah memiliki cara tersendiri untuk tetap fit meski sedang menjalanai ibadah puasa Ramadan.

Dilansir dari laman Liverpoo Echo (16/4/21), Salah berlatih di gym rumahnya pada pukul 02.40 waktu setempat. Waktu yang tak biasa bagi seorang pesepak bola untuk melakukan latihan. Mohamed Salah melakukan latihan tersebut untuk menyesuaikan menu latihan tim di bulan Ramadan.

Salah akan menjalani puasa selama satu hari penuh pada siang harinya, dan berlatih pada malam hari untuk tetap menjaga kebugarannya selama masa pandemi COVID-19 berlangsung.

Di Inggris, khususnya Liverpool waktu puasa berlangsung dari pukl 03.09 waktu setempat hingga 20.34. Salah berlatih sebelum sahur dan setelah berbuka agar tetap menjaga kebugarannya sekaligus dapat menjalankan puasa dengan baik.

Salah membuktikan bahwa di tengah jadwal padat pertandingan kompetisi Eropa sama sekali tak mengganggu dirinya untuk menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00