Peringatan Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng

Peringatan Dini BMKG

KBRN, Semarang : Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini banjir rob di wilayah pesisir utara Jawa Tengah.

Peringatan banjir rob ini berlaku Kamis (30/6/2022) pukul 11.00 - 12.00 WIB. 

Prakirawan BMKG Stasium Maritim Tanjung Emas Semarang Sediyanto mengatakan, fenomena banjir pesisir atau rob ini diakibatkan adanya aktifitas pasang air laut, yang dapat mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah Pantai Utara Jawa Tengah berupa rob. 

"Dengan hal ini masyarakat dihimbau waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan fenomena banjir rob," ujar Sediyanto dalam rilisnya yang diterima RRI, Rabu (29/6/2022).

Dia menambahkan, peningkatan ketinggian pasang air ini juga berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktifitas petani garam dan perikanan darat serta kegiatan bongkar muat di Pelabuhan. 

"Untuk itu, masyarakat yang berakitifitas di sekitar area pelabuhan maupun pesisit dihimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir. Selain itu, masyarakat juga dapat memperhatikan update informasi cuaca dari BMKG," imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar