Tim Gowes Khatulistiwa Presisi Pecahkan Rekor MURI

Tim Gowes Khatulitiwa Presisi
Tim Gowes Khatulistiwa Presisi sedang perjalanan ke Akpol Semarang
Ketua Tim Gowes Khatulistiwa Presisi, Irjen Pol Slamet Uliandi menerima Sertifikat Rekor MURI

KBRN, Semarang : Catatan Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan bersepeda sejauh 508 km telah berhasil dipecahkan tim Gowes Khatulistiwa Presisi, Arjuna, dan Garuda yang beranggotakan gabungan TNI, Polri, atlet dan komunitas sepeda. Mereka berhasil finish di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang, Minggu (26/6/2022) jam 05.14 WIB.

Sebelumnya, tim Gowes Khatulistiwa Presisi ini dilepas oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dengan start dari Mabes Polri pada Sabtu (25/6/2022) jam 05.30 WIB. Kedua tim tersebut berhasil finish di Gerbang Tanggon Kosala Akpol Semarang pada Minggu (26/06) pagi pukul 05.14 WIB, yang disambut oleh Gubernur Akpol Irjen Pol Drs Suroto, beserta sejumlah PJU Akpol dan Polda Jateng.

Kadiv TIK Mabes Polri yang juga sebagai Ketua Tim Gowes Khatulistiwa Presisi, Irjen Pol Slamet Uliandi, mengungkapkan tujuan Gowes Presisi Khatulistiwa ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-76 Bhayangkara dan juga menyaring bibit-bibit atlet sepeda. Selain itu juga untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

"Upaya pemecahan rekor MURI ini juga bagian dari peningkatan ekonomi dan investasi di Indonesia, sepanjang jalur yang dilalui terus kami gelorakan dan juga melakukan baksos dengan menempuh jarak 508 KM," ungkapnya.

Pemecahan rekor MURI ini, lanjutnya, merupakan sesuatu yang tidak mudah karena tim sepeda presisi ini harus melalui rute yang memiliki berbagai kondisi.

"Medannya nggak gampang, 508 km ditempuh dengan target waktu dibawah 24 jam. Kami berangkat dari Mabes Polri pukul 05.30 WIB pagi Sabtu kemarin, alhamdulillah Minggu pagi jam 05.15 WIB sudah sampai di Akpol," tuturnya.

Sementara itu, Karolog Polda Jateng Kombes Pol Farid Bachtiar Effendi yang juga menjadi salah satu peserta tim Gowes Presisi Khatulistiwa mengaku pemecahan rekor MURI ini melalui kerjasama yang baik dari sesama tim gowes.

"Tim Garuda berisi anggota Polri dan TNI dan juga atlet, sedang tim Arjuna terdiri dari TNI-Polri dan komunitas sepeda. Kedua tim saling bekerjasama dengan baik sehingga rute sepanjang 508 KM dapat ditempuh dengan lancar tanpa ada kendala," tuturnya.

Tantangan terberat, lanjut Farid, pada saat tim melintas di Batang - Alas Roban. Melintasi rute di Alas Roban dengan berbagai tanjakan dan sempat diguyur hujan deras, mengharuskan tim gowes harus berteduh di Pos Lantas Alas Roban.

"Tantang terberat saat melintas Alas Roban, dengan jalan yang menanjak dan lapu penerangan yang kurang dan sempat diguyur hujan. Tim sempat berteduh sementara di Pos Lantas Alas Roban, tapi alhamdulillah bisa segera melanjutkan perjalanan dan target waktu dibawah 24 jam bisa tercapai," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar