Ganjar Apresiasi Pelayanan ATR/BPN Jateng Semakin Transparan

KBRN, Semarang : Pelayanan administrasi Agraria dan tata ruang melalui Kanwil ATR/BPN Provinsi Jawa Tengah saat ini semakin terang benderang. Kemudahan izin memberikan layanan cepat dan mudah bagi warga mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Dulu itu saya menyebut instansi yang gelap yaitu ATR/BPN. Karena urusannya ngga jelas, jadi peteng ndedet (Gelap Gulita). Namun seiring berjalannya waktu, semangat untuk berubah dan melayani dengan baik. Maka kantor ini sekarang Terang Benderang. Layanannya juga semakin cepat. Saya rasakan kalau ada laporan masyarakat urus SHM sulit atau sertfikat lama saya kontak kepalanya. Tidak sampai nunggu berhari-hari itungan jam beres. Ini mesti disampaikan ke masyarakat,” ujar Gubernur saat ditemui dalam acara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2021 di Kantor ATR/BPN Provinsi Jateng, Jumat (24/9/2021).

Hal lain yang mendapat perhatiannya yakni upaya serius dalam menyelesaikan persoalan Agraria ditengah masyarakat. Terutama memberantas mafia tanah yang terus didengungkan Presiden RI.

“Saya bacakan pidato dari pak Menteri, sangat bagus. Ada dua hal penting yang ditekankan. Pertama soal pelayanan yang transparan, cepat dan tepat. Kedua soal upaya serius memberantas mafia tanah dengan bekerjasama dengan aparat penegak hukum. Saya optimis ATR/BPN semakin baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil ATR/BPN Provinsi Jateng, Dwi Purnomo dalam kesempatan yang sama menjelaskan, saat ini telah menerima beberapa laporan terkait dengan adanya dugaan mafia tanah. Bekerja sama dengan Polda Jateng penyeledikan terus dilakukan indikasi terkait dengan mafia tanah.

“Upaya kami memberikan keterbukaan masyarakat kalau ada indikasi merugikan bisa dilaporkan kepada petugas penegak hukum. Kita bekerjasama dengan Diskrimsus dan Diskrimum Polda Jateng. Indikasi banyak tapi ini masih diselidiki laporan-laporannya,” tutupnya.

Pada upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang 2021 ini diikuti oleh perwakilan dari pegawai ATR/BPN Jateng dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Upacara berlangsung di halaman kantor dengan pemimpin upacara Ganjar Pranowo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00