Abdul Kholik Dukung Pemekaran Kabupaten Banyumas

KBRN, Semarang :  Bupati Banyumas Ir H Achmad Husein, mengatakan pemekaran Kabupaten menjadi tiga, yaitu Kabupaten Banyumas, Banyumas Barat, dan Kota Purwokerto sudah siap. Apabila dokumennya ada yang masih kurang, maka pihaknya akan melengkapi secepatnya. 

"Mengingat ada 331 Desa/Kelurahan akan lebih baik bila ditangani lebih dari 1 kepala daerah," ujar Bupati saat bertemu dengan Anggota DPD RI Jateng Abdul Kholik bertempat di Ruang Joko Kaiman Kabupaten Banyumas, bersama dengan Ketua DPRD Kab. Banyumas, dr. Budhi Setiawan. 

Selanjutnya, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas, dr Budhi Setiawan menambahkan, terus berupaya maksimal atas usulan pemekaran wilayah ini. Termasuk menanyakan kepada Anggota DPD RI dapil Jateng, Abdul Kholik mengenai kejelasan moratorium terkait pemekaran wilayah.

“Mendekatkan layanan kepada masyarakat dan peningkatkan kesejahteraan akan lebih mudah bisa terwujud melalui pemekaran wilayah. Kami di DPRD terus berupaya, salah satunya jalur politik melalui aspirasi yang disampaikan kepada DPD RI,” tegas Budhi.

Mendapati penyampaian ini, Abdul Kholik merespon baik usulan pemekaran di Kabupaten Banyumas menjadi tiga wilayah dan menurutnya sudah sangat siap untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah, baik gubernur maupun Presiden.

Hal itu berdasar pada pengalamannya dalam proses pemekaran sejak 2005-2014. Menurutnya, tidak ada satu pun wilayah pemekaran yang akhirnya tidak berkembang. Terlebih proses di eksekutif dan legislatif sudah sangat baik dan Kab. Banyumas komitmen untuk menanggung beban fiskal dalam transisi pemekaran.

"DPD RI akan memasukkan usulan pemekaran Kabupaten Banyumas dan akan disampaikan secara resmi kepada Presiden sebagai bagian dari aspirasi DPD RI. Moratorium pemekaran tidak memiliki dasar hukum, baik berupa Keppres atau PP, sehingga usulan pemekaran Kabupaten Banyumas seharusnya dapat segera ditindaklanjuti," katanya dalam rilis yang diterima RRI, Rabu (20/10/2021).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00