Komisi IV DPR dan BPTP Jateng Gelar Bimtek Inovasi Teknologi Ayam KUB

KBRN, Pati : Para penyuluh dan petani ayam di Kabupaten Pati mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) peningkatan kapasitas, Kamis (21/10/2021). Bimtek Inovasi Teknologi Ayam KUB sehari di New Merdeka Hotel Pati, diselenggarakan anggota Komisi IV DPR RI dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.

Bimtek yang berlangsung sehari itu mengikutsertakan 100 peserta yang terdiri atas penyuluh, peternak ayam, dan calon penerima bantuan ayam Kampung Unggul Balingtan (KUB) dari Kementan RI.

Saat membuka secara virtual melalui zoom meeting, Anggota Komisi IV DPR RI dapil III Jateng Firman Soebagyo mengatakan, bimbingan teknik ini sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas para penyuluh dan peternak khususnya ayam di Kabupaten Pati.

“Bimtek ini sebagai upaya transter pengetahuan dan teknologi sehingga peternak semakin lebih paham dalam beternak untuk meningkatkan produksinya memenuhi permintaan pasar,” jelasnya.

Penyuluh di BPTP Jawa Tengah Eka Ningtyas mengatakan, bimtek ini untuk meningkatkan produksi protein hewani khususnya dari daging ayam untuk mengatasi permintaan pasar dan konsumen ayam kampung. Sebab, ayam kampung biasanya kebanyak pertumbuhannya lambat, dan telurnya juga tidak terlalu banyak.

“Dengan ayam Kampung Unggul Balitbang (KUB) yang merupakan hasil penelitian Balitbang Pertanian itu pertumbuhan ayam KUB atau ayam Sensi ini yang nantinya untuk ayam pedaging itu pada umur 70 hari sudah bisa mencapai beratnya 800 gr sampai 1.000 gr. Sementara ayam kampung harus dipelihara hingga beberapa bulan baru bobot badannya baru bisa dipanen,” jelasnya.

Hadir sebagai pemateri dalam bimtek tersebut, Penyuluh BTP Jawa Tengah Dwita Prasetianti, Peneliti BPTP Jawa Tengah Rini Nur Hayati, serta Iwan Setyawan peternak ayam SENSI. (Agus Pambudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00