Vaksin DPT Tersedia, Masyarakat Bisa Dapatkan Imunisasi

KBRN, Semarang : Stok vaksin difteri, pertusis, dan tetanus atau DPT sempat mengalami kelangkaan di fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Kota Semarang pada pekan lalu. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, memastikan jika vaksin DPT saat ini sudah tersedia di Puskesmas. 

Kepala Dinkes Kota Semarang M Abdul Hakam mengatakan, belum lama ini telah menerima distribusi vaksin DPT dari Dinkes Jateng, dan sudah didistribusikan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Semarang. 

"Kita sudah terima belum lama ini, stoknya memang tidak banyak dan sudah distribusikan," ungkapnya, Kamis (21/10/2021).

Usai stok tersedia, pihaknya memerintahkan Puskesmas untuk bisa melakukan vaksinasi kepada balita yang ada di wilayah kerjanya. Apalagi banyak orang tua yang sebelumnya menanyakan kapan vaksin DPT dilakukan. 

"Masyarakat bisa mendapatkan imunisasi untuk bayi di puskesmas dekat rumahnya,"tuturnya.

Meski tak menyebut jumlah dosis yang tersedia, Hakam memastikan stok tersebut cukup untuk hingga pertengahan pekan ini. Ia menegaskan, imunisasi ini tidak ada pungutan biaya alias gratis.

"Stoknya cukup sampai tengah pekan ini,"katanya.

Rencananya, Dinkes akan melakukan inovasi dengan memasukkan stok vaksin DPT atau imunisasilainnya di aplikasi Victori. Tujuannya agar masyarakat bisa mengetahui jumlah ketersediaan stok imunisasi di Puskesmas wilayahnya. 

"Nanti akan kita masukkan ke Victori, jadi masyarakat bisa lihat stoknya. Misal di Puskemas A stoknya sekian, jadi masyarakat bisa lari kesana untuk melakukan imunisasi," ucapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00