Antisipasi Omicron, Dinkes Kabupaten Magelang Swab PCR ASN Secara Acak

KBRN, Magelang : Mengantisipasi penyebaran covid-19, khususnya varian Omicron di Kabupaten Magelang, Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang melakukan  swab PCR bagi kalangan aparat sipil negara di lingkungan Setda Kabupaten Magelang.

“Sasaran swab PCR bagi kalangan ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang ini sebanyak 100 orang,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Oktora Kunto Edhy di sela-sela pelaksanaan swab PCR di Pendopo Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang, Kamis (27/1/2022).

Kunto mengatakan, pelaksanaan swab PCR tersebut dilakukan secara acak terhadap pegawai  di lingkungan Pemkab Magelang. Sampel swab PCR tersebut nantinya akan dikirim ke laboratorium di Rumah Sakit Tentara (RST) dr Soedjono Magelang. Sedangkan hasil dari swab tersebut, dapat diketahui dalam kurun waktu 1x 24 jam setelah pengambilan sampel.

“Kalau swab PCR tersebut, hasilnya baru dapat diketahui dalam kurun waktu 1x 24 jam,” katanya.

Ia menambahkan, karena pelaksanaan swab PCR ini tidak ada kaitannya dengan kontak erat, melainkan hanya swab sampling. Maka, yang di swab PCR tersebut, boleh beraktivitas seperti biasa.

Menurutnya, dua minggu lalu,  pihaknya juga telah melakukan  kegiatan yang sama terhadap 44 orang pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang. Dan ,hasilnya semuanya negatif Covid-19.

Kunto berharap agar kegiatan swab PCR yang  tersebut  tidak hanya dilaksanakan sekali di lingkungan Setda Kabupaten Magelang saja, melainkan juga di tempat –tempat umum dan secara berkesinambungan.

“Kami berharap, tes swab PCR ini juga bisa dilakukan di tempat-tempat umum seperti di gerai-gerai swab,” ujarnya.

Kunto  menjelaskan, bila dari hasil swab PCR tersebut diketahui ada yang terindikasi positif Covid-19, maka penanganannya akan dilakukan isolasi mandiri dan dimonitor kesehatannya oleh tim kesehatan puskesmas terdekat. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar