Hartopo Dilantik Menjadi Mabicap Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus

KBRN, Kudus : Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kudus Masa Bakti 2021-2026 resmi dilantik di pendapa Kabupaten Kudus, Kamis (27/1/2022). Pelantikan berlangsung khidmat, dengan tetap menjaga kedisiplinan protokol kesehatan.

Prosesi pelantikan dipimpin secara langsung oleh Ketua Kwarda Jateng, Siti Atikoh Suprianti yang melantik jajaran Mabicab. Selanjutnya, Bupati Kudus Hartopo sebagai Ketua Mabicab melantik Jajaran Pengurus Kwarcab yang diketuai oleh Mawar Anggraeni.

Ketua Kwarda Jateng mengungkapkan, pelantikan kepengurusan baru dapat dilaksanakan pada tahun 2022 ini mengingat tahun lalu kondisi pandemi yang belum kondusif. Namun, meski begitu pihaknya tetap memantau kegiatan pramuka Kwarcab Kudus di bawah kepemimpinan yang baru.

Dirinya pun mengapresiasi Ketua Kwarcab Kudus yang telah gerak cepat menjalankan kegiatan-kegiatan pramuka peduli yang berhubungan dengan sosial kemasyarakatan pada tahun lalu.

"Sebetulnya rencananya dilaksanakan pada 2021 kemarin, tapi kondisi tidak memungkinkan akibat pandemi. Saya pantau kinerja kak Mawar luar biasa sekali sejak SK diturunkan langsung bergerak cepat lewat acara-acara sosial kemasyarakatan dan edukasi. Dengan komitmen bareng-bareng dan sinergitas dengan OPD dan mabicab semakin menstimulus kinerja Kwarcab," ungkapnya.

Siti Atikoh juga menyampaikan pesan terkait beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam program kegiatan kwartir cabang. Hal yang utama adalah pembentukan karakter generasi penerus yang berjiwa mulia dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.

Ia juga meminta supaya Mabicab mendukung penuh setiap misi yang akan dilaksanakan gerakan pramuka karena selaras dengan program pemerintah.

"Pramuka menjadi wadah pembentuk karakter generasi penerus, bagaimana anak-anak menghayati dan mengimplementasikan nilai-nilai kepramukaan. Kamabicab mohon dukungan fasilitasi dan motivasi agar Kwarcab semakin berjaya, mengingat gerakan pramuka in line dengan pemerintah bisa menjadi mitra pemerintah dalam setiap kegiatan," pesannya.

Setelah dilantik menjadi Ketua Mabicab, Hartopo meminta momen pelantikan pengurus ini dijadikan Kwarcab Kudus untuk memperkuat solidaritas dan sinergi di dalam gerakan pramuka.

Pramuka memiliki fungsi strategis di era saat ini untuk mencetak generasi unggul bangsa sebagai modal utama meneruskan estafet kepemimpinan yang akan datang. Untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat, loyalitas, kejujuran dan siap bekerja keras, wajib mulai dipersiapkan mulai saat ini.

"Momen ini tentunya menjadi semangat baru untuk memperkuat solidaritas dan sinergi dalam Kwarcab Kudus. Pramuka memegang peran penting dalam mencetak generasi unggul bangsa yang berkarakter sebagai calon pemimpin di masa depan. Maka dari itu dibutuhkan komitmen yang kuat, loyalitas, kejujuran dan kerja keras yang ditanamkan dalam organisasi," tuturnya.

Sebagai Ketua Mabicab, ia menanti inovasi yang bisa diciptakan Kwarcab Kudus dalam program kegiatan yang segera dimulai tahun ini. Konsolidasi dan sinergi dengan pemerintah melalui OPD maupun organisasi lain menjadi modal yang bisa memperkuat gerakan pramuka. Khususnya pada masa pandemi saat ini, pramuka harus mengambil andil dalam sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan dan program vaksinasi.

"Gerakan pramuka tidak bisa bekerja sendiri, maka harus ada sinergitas dan Kolaborasi gerakan pramuka dengan pihak lain untuk menjadi organisasi yang kuat. Dalam misi membentuk karakter adik-adik pramuka bagaimana menyampaikan edukasi di tengah pandemi dalam vaksinasi, di sini pramuka memegang andil untuk sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab, Mawar Anggraeni mengungkapkan, sudah menyiapkan rencana organisasi dalam waktu dekat. Dari segi internal organisasi akan semakin dikompakkan, mulai dari tingkat Kwarcab hingga ranting. Kemudian pihaknya juga akan membangun sinergi dengan OPD untuk program-program yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan generasi muda Pramuka dan kegiatan sosial.

"Dari segi intern harus kompak dulu, semoga kedepannya semakin kompak lagi. Sudah berjalan program di tengah pandemi yang dilaksanakan sampai ke Ranting dalam mengimbau masyarakat disiplin prokes. Pramuka Peduli juga semakin aktif dan tanggap terkait kebencanaan termasuk pandemi saat ini," ujarnya. (RK)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar