FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Langganan Rob, Pemkab Pekalongan Akan Bangun Rumah Pompa Lebih Besar di Desa Pacar

KBRN, Pekalongan : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pekalongan akan membangun rumah pompa yang lebih besar pada tahun 2023 untuk mengatasi banjir atau rob yang sering terjadi di Desa Pacar dan sekitarnya. Hal ini diungkapkan bupati Pekalongan Fadia Arafiq saat meninjau langsung lokasi banjir di Desa Pacar Kecamatan Tirto, Selasa (17/5/2022) lalu.

Saat dikonfirmasi (21/5/2022) mengenai program tersebut Fadia menyampaikan bahwa banjir dan rob yang sering terjadi telah merusak infrastruktur jalan di daerah Desa Pacar, Tirto bahkan hanya dalam waktu 3 hari.

Berdasarkan informasi warga sekitar, banjir memang sering terjadi di bawah rel kereta api karena daerah tersebut membentuk area cekungan. Air hujan atau rob tidak bisa mengalir ke sungai. Akibatnya terus menggenang di area tersebut. Jika hujan lebat, ketinggian air bahkan bisa mencapai ketinggian 1 meter. Banjir tersebut telah mengganggu aktivitas warga sekitar yang melintasi jalan tersebut karena banjir menutupi lubang-lubang di jalan  sehingga membahayakan warga yang melintas.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, bupati menyampaikan bahwa pemkab akan membangun rumah pompa baru yang nantinya akan memiliki pompa baru yang lebih besar untuk menyedot air banjir atau rob serta melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan yang telah rusak akibat banjir atau rob, “Dua-duanya itu kita lakukan. Sehingga hasilnya bisa maksimal,” ujar bupati kepada awak media.

Rumah pompa yang baru tersebut rencananya akan berlokasi di rumah pompa yang lama yakni di Utara Pantura dekat dengan gazebo sungai Pencongan serta memiliki pompa baru dengan kapasitas lebih tinggi dari yang semula 150 liter/detik menjadi 1000 s.d. 2000 liter/detik sehingga daya penyedotan airnya akan lebih besar.

Bupati menuturkan pembangunan rumah pompa tersebut merupakan upaya jangka panjang yang direncanakan pemkab untuk mengatasi banjir di Desa Pacar. Selain itu Pemkab juga merencanakan untuk melakukan upaya normalisasi sungai.

Untuk penanganan banjir dalam waktu pendek di Desa Pacar, bupati mengatakan pemkab akan menyiapkan pompa tambahan, “Penambahan pompa ini supaya kita bisa sedot airnya,” kata bupati.Terpisah, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPU Taru), Murdiarso melalui Kabid Sumber Daya Air, Budhi Antoyo menambahkan, untuk mengatasi banjir rob, juga dilakukan normalisasi saluran drainase buangan pada tahun 2022 dan akan diteruskan di tahun berikutnya agar mempeelancar pematusan dan memperluas tampungan.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar