FMKI Kota Magelang Akan Ajukan Raperda Inisiatif

KBRN, Magelang : Forum Masyarakat  Katolik Indonesia (FMKI) Kota Magelang akan mengajukan rancangan peraturan daerah ( raperda) inisiatif tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan Pancasila kepada DPRD Kota Magelang .

“Kami akan mengajukan raperda inisiatif tentang wawasan kebangsaan dan pendidikan Pancasila kepada DPRD Kota Magelang, agar masyarakat bisa melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai bekal di masyarakat,” kata Ketua Forum Masyarakat  Katolik Indonesia (FMKI) Kota Magelang, YC Yuwono Priyanto usai pengukuhan FMKI Kota Magelang, Minggu ( 29/5/2022).

Yuwono Priyanto mengatakan, pihaknya juga telah menjalin koordinasi dengan beberapa organisasi kepemudaan di Kota Magelang dan elemen masyarakat lainnya di Kota Magelang untuk pengajuan raperda tersebut.

Menurutnya, kehadiran kepengurusan Forum Masyarakat Katolik Indonesia Kota Magelang tersebut diharapkan bisa menjadi jembatan antara umat Kristiani di Kota Magelang  kepada masyarakat dalam memberikan usulan kepada pemerintah.

Sementara itu, Romo  Vikaris Episkopal Kedu, Romo Antonius Dodit Haryono Pr mengatakan, kepengurusan FMKI Kota Magelang yang baru saja dikukuhkan tersebut, merupakan pilihan untuk menjadi salah satu pihak untuk ikut ambil bagian dalam yang menghadirkan gereja  Katolik di tengah masyarakat luas.

“ Semoga yang  menjadi niat bagi para pengurus FMKI Kota Magelang ini, bisa diwujudkan dalam gerak langkah di masyarakat,”kata Romo Dodit.

Ia juga berharap dengan hadirnya FMKI Kota Magelang  tersebut bisa menjadi inspirasi lahirnya FMKI di Kabupaten Magelang dan Temanggung.

Menurutnya, dengan adanya FMKI tersebut  di masing-masing wilayah( Kota Magelang, Kabupaten Magelang dan Temanggung) bisa muncul orang-orang dari Gereja Katolik yang menyuarakan kebaikan bersama.

“Kalau kita tidak bersuara, maka kita akan tertutup  oleh sifat-sifat keras dari kelompok-kelompok tertentu dan untuk kepentingannya sendiri,” ujarnya.

 Adapun kepengurusan FMKI Kota Magelang periode 2022-2025 yang dikukuhkan tersebut yakni, Ketua I YC Yuwono Priyanto, Ketua II Antonius Insan Wardhana Ceri. Kemudian,  Sekretaris I Yakobus Likas Supomo, Sekretaris II FX Hendra Kribiyakto dan Bendahara I, Ignatius Suwandi dan Agnes Endang Riyanto ( Sekretaris II). Selain itu, kepengurusan FMKI tersebut juga dilengkapi dengan bidang-bidang. Dyas

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar