Nekat Berenang Saat Arus Deras, Pemuda Nyaris Tenggelam

KBRN, Kudus : Berniat ingin menikmati wisata di lokasi Sungai Kedung Paso, tepatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe, seorang laki – laki berusia 28 tahun hampir saja tewas tenggelam. Saat itu kondisi aliran Sungai Kedung Paso cukup deras, setelah wilayah atas lereng Muria sejak semalam diguyur hujan. Nasib naas hampir saja merenggut jiwa Vani (28) asal Desa Klaling Kecamatan Jekulo. Pasalnya, korban bersama dua temannya berencana untuk bermain di Sungai Kedung Paso.

Menurut Kepala BPBD Kudus, Budi Waluyo, Kamis (20/1/2022) sekitar pukul 09.30 WIB korban Vani datang bertiga bersama dua temannya untuk menikmati segarnya Sungai Kedung Paso di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Mereka bertiga sebelumnya sudah diingatkan sejumlah ibu – ibu pedagang disekitar lokasi agar tidak mendekati atau bahkan berenang di Sungai Kedung Paso yang airnya pagi itu cukup deras.   

“Kedua teman korban berada di area Sungai Kedung Paso yang airnya relatif dangkal. Sementara korban membasuh kaki di sekitaran sungai dan berjarak sekitar 4 meter dari kedua temannya berada. Tapi tiba- tiba korban terpeleset dan berteriak minta tolong. Dua teman korban mencoba untuk menolong korban,” jelasnya.

Satu teman korban kata Budi, berenang untuk menggapai tangan korban tetapi gagal karena arus sungai yang deras. Sementara, teman korban lainnya mencoba menggunakan bambu agar dapat diraih korban. Namun semua usaha gagal. Setelah sempat timbul tenggelam karena digulung arus sungai sekitar 1 menit, tubuh korban akhirnya tersangkut disebuah batu besar.

“Bersama warga sekitar, korban akhirnya dapat dievakuasi. Selanjutnya oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat, mengundang bidan desa untuk memeriksa kondisi korban yang tidak sadarkan diri. Selanjutnya, korban dilarikan ke RSUD Kudus untuk mendapatkan perawatan,” ujarnya.

Dari informasi relawan lanjut Budi, korban sekitar pukul 12.00 siang sudah sadar dan bisa diajak berkomunikasi. Budi juga menghimbau agar warga tidak mendatangi lokasi – lokasi yang membahayakan disaat musim hujan ini. Seperti sungai yang arusnya deras maupun lokasi – lokasi yang rawan longsor. (RK)       

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar