Perlengkapan dan Oleh-oleh Haji di Semarang Mulai Diminati Pembeli

Salah satu toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di daerah Kauman, Semarang

Deskripsi Gallery

KBRN, Semarang : Dibukanya kembali pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini membawa berkah tersendiri bagi para pedagang perlengkapan dan oleh-oleh haji di Kota Semarang. Salah satu karyawati di toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di jalan Kauman Semarang, Nurwanti kepada RRI hari ini (16/6) mengungkapkan, berbagai perlengkapan ibadah haji sudah mulai dicari masyarakat sebelum pemberangkatan haji beberapa waktu lalu. Omset penjualan di tokonya pun mengalami kenaikan, meski tidak seramai saat sebelum pandemi. Diakuinya saat pandemi  tahun lalu, omset penjualannya mengalami penurunan hingga mencapai 70 persen karena tidak ada pembeli oleh-oleh haji sama sekali.

“ Ya, soalnya umroh dan haji ditutup semua jadi tidak ada orang yang beli perlengkapan , makanan maupun souvenir, sama sekali tidak ada. Saat pandemi kemarin yang masih laku paling ya cuma kurma, madu dan produk-produk herbal,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan karyawati toko souvenir haji di depan alun-alun kota Semarang, Neni. Ia mengaku sejak bulan lalu tokonya sudah ramai pembeli yang mencari berbagai perlengkapan dan oleh-oleh haji.

“ Kemarin pembeli perlengkapan seperti baju atau kain ihram, sabuk, gamis, dan kerudung untuk berhaji sudah mulai ramai,” tuturnya.

Selain itu, Neni juga menjual berbagai paket souvenir haji, seperti kurma, kismis, kacang arab, dan air zam-zam dengan harga mulai dari 17 ribu hingga 90 ribu rupiah. Sementara untuk stok dagangan baru mulai ia siapkan pasca lebaran kemarin. Ia memperkirakan, lonjakan pembeli akan berlangsung sekitar akhir Juli hingga Agustus mendatang, saat para jamaah haji pulang ke Indonesia.

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Nisa
  •   Tanggal : 16 Jun 2022

Share this

FOTO LAINNYA