Pentingnya Peranan Takmir dan Nadzir Masjid dalam Pembangunan Moral

Pembinaan takmir_masjid_jepara_

Deskripsi Gallery

KBRN Semarang : Takmir dan nadzir menjadi mitra strategis pemerintah dalam menghadapi berbagai persoalan yang ada. Termasuk berperan masalah penanganan stunting, pemulihan ekonomi, dan juga persoalan degradasi moral generasi muda, serta menangkal munculnya gerakan-gerakan ekstrem dari kanan maupun kiri yang berpotensi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Karenanya, peran takmir masjid harus terus ditingkatkan sebagai pemersatu umat melalui Pembinaan kepada nadzir dan takmir masjid yang dilaksanakan di Pendopo Kartini, Selasa (21/6/2022).

Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta yang diwakili Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko membuka acara tersebut. Turut hadir dalam pembinaan itu, Kabag Kesra Setda Agus Bambang Lelono, Suirsono Sekretatis Badan Wakaf Indonesia (BWI), Zaenuri dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag), serta para nadzir dan takmir masjid se Kabupaten Jepara.

Dalam sambutannya Edy Sujatmiko mengatakan, perlu pembangunan mental dalam memakmurkan masjid. Takmir masjid tidak hanya bertanggung jawab akan bangunan tempat ibadah. Tetapi juga kemakmuran masjid dengan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan masyarakat.

‘’Dalam membangun daerah itu tidak cukup hanya fisik. Mental masyarakat juga harus dibangun dan ini tentu tidak terlepas dari peran para kiai, alim ulama, sampai takmir masjid yang bertanggung jawab akan tempat ibadah,’’ katanya.

Edy menyebut, saat jumlah masjid yang sudah terdaftar pada aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) Kantor Kemenag Jepara sebanyak 1.111 dan musala 3.804. Jumlah tersebut merupakan modal besar dalam pembangunan moral dan akhlak umat Islam Jepara.

Dia berharap, keberadaan masjid dan musala tidak hanya besar dalam jumlah. Peran yang signifikan harus dapat ditunjukkan dan menjadi manfaat bagi jamaah dan masyarakat di sekitarnya.

“Setiap permasalahan harus kita tangani bersama. Tak terkecuali takmir dan nadzir harus bersatu untuk kemakmuran masyarakat Jepara serta dalam melayani umat,” pungkasnya. (DiskominfoJepara/Sigit)

Gallery Info

  •   Dibuat oleh : Sigit
  •   Tanggal : 22 Jun 2022

Share this

FOTO LAINNYA