KIT IPA TINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

sri_r.jpg

Oleh : Sri Rahayu, S.Si

(Guru IPA SMP Negeri 1 Jenar Kabupaten Sragen)

 

 

KBRN : Semarang : Sektor pendidikan adalah salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid 19. Pemerintah mengambil kebijakan di sektor pendidikan dengan  menyelenggarakan pembelajaran moda daring. Tibalah saatnya sekolah mengadakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 mentri yang berlaku per tanggal 3 Januari 2022.

 

Siswa kelas 9 di SMP N 1 Jenar mengikuti PTM terbatas dengan jadwal masuk jam 08.20 WIB sampai jam 12.30 WIB. Pada PTM terbatas ini, siswa dapat bertanya langsung kepada guru jika belum paham materi yang disampaikan. Selain itu, siswa dapat mengeksplore keingintahuannya dengan melakukan berbagai percobaan menggunakan alat peraga bersama guru dan teman sejawatnya.

 

Alat peraga yang digunakan dalam pembelajaran IPA Kelas 9 di SMP N 1 Jenar adalah Kit IPA kategori fisika, yaitu Kit Listrik Magnet. Shadely (1994:124) berpendapat bahwa alat peraga KIT IPA adalah kotak yang berisi alat-alat IPA.  Peralatan IPA yang dirancang dan dibuat ini menyerupai rangkaian peralatan uji coba ketrampilan proses pada bidang studi IPA. Alat peraga pendidikan adalah instrument audio maupun visual yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan membangkitkan motivasi siswa dalam mendalami suatu materi (Faizal 2010).

 

Motivasi belajar mengandung peranan penting dalam menumbuhkan gairah atau semangat dalam belajar, sehingga siswa yang bermotivasi kuat memiliki energi yang banyak untuk melakukan kegiatan belajar (Winkel,1991:92). Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 9 di SMP N 1 Jenar pada KD 3.6 Kemagnetan dan Pemanfaatannya, maka guru menggunakan alat peraga Kit Listrik Magnet. Berdasarkan pengalaman mengajar ditahun sebelumnya, materi kemagnetan adalah materi yang sulit dipahami siswa. Sebagai contoh,  siswa hanya dapat berimajinasi tentang pola garis medan magnet. Tidak bisa melihat pola garis medan magnet secara langsung. Dengan alat peraga Kit Listrik Magnet, maka siswa bisa praktek langsung untuk melihat pola garis gaya magnet dengan berbagai jenis magnet .

 

Guru lebih mudah menjelaskan ke siswa tentang konsep kemagnetan dengan percobaan sederhana. Antusias siswa sangat luar biasa tatkala teman dari kelompok lain berhasil membuktikan salah satu aktivitas di buku dengan Kit Listrik Magnet. Kelompok yang belum berhasil meminta waktu tambahan untuk mengulang percobaan sampai mendapatkan hasil sesuai dengan teori. Siswa yang mampu membuktikan teori dengan hasil percobaan ternyata lebih bersemangat untuk belajar dan tidak sabar menunggu materi berikutnya. Selain itu, “Aktivitas Proyek” yang ada di buku menjadi jembatan kreativitas siswa untuk membuktikan konsep teori yang didapatkannya. Sebagai contoh, siswa mampu membuat generator sederhana dengan prinsip induksi elektromagnet dari barang bekas di sekitar kita.

 

Alat peraga  Kit IPA dapat memotivasi dan meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Kreativitas adalah produk berkaitan dengan penemuan sesuatu, memproduksi sesuatu yang baru, daripada akumulasi keterampilan atau berlatih pengetahuan dan mempelajari buku (Munandar, 1995).

 

 Dengan demikian mata pelajaran IPA menjadi salah satu mata pelajaran favorit yang selalu ditunggu kehadirannya di kelas. Terbiasanya guru dan siswa memanfaatkan alat peraga  Kit IPA di sekolah dapat meningkatkan pemahaman konsep teori yang diterima siswa. Tujuan akhirnya adalah mampu meningkatkan nilai akademik siswa pada  penilaian hasil belajar dan membuat siswa lebih kreatif.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar