Sambut Imlek, Kelenteng Tay Kak Sie Bersihkan Rupang

KBRN, Semarang : Kelenteng Tay Kak Sie Semarang yang berada di Jalan Gang Lombok, Kota Semarang mulai mempersiapkan berbagai hal untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek 2573 yang jatuh pada 1 Februari 2022. 

Persiapan ini diantaranya membersihkan rupang/ patung dewa dan berbagai perlengkapan sembahyang, Kamis (27/1/2022).

Tradisi bersih-bersih dilakukan setelah melewati ritual Toa Pek Kong Naik atau mengantar dewa naik ke khayangan sehari sebelumnya. 

Sekretaris Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Sindoro mengatakan, pembersihan rupang dan perlengkapan sembahyang dilakukan untuk menyambut perayaan tahun baru Imlek.

Kegiatan tersebut dilakukan secara rutin setiap tahun sekali menyambut datangnya Imlek, agar suasana baru, bersih, dan baik. 

"Ya untuk menyambut tahun baru, bersih-bersih patung dan kelenteng ini setiap tahun sekali kita lakukan agar suasana baru, bersih dan juga baik," kata Sindoro kepada awak media di Kelenteng Tay Kak Sie. 

Dengan kegiatan bersih-bersih diharapkan bisa membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi seluruh umat di dunia. Selain itu, dapat menghilangkan dan dijauhkan dari hal yang buruk.

"Makna dari kegiatan bersih-bersih di tahun baru Imlek diharapkan dapat membawa kebaikan dan kebahagiaan serta dijauhkan dari hal buruk," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar