66 Warga Desa Jungsemi Ikut Padat Karya Perbaiki Jalan Desa

KBRN, Kendal : Bupati Kendal Dico M Ganinduto membuka kegiatan padat karya infrastruktur di Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kamis (21/10/2021). Pembangunan infrastruktur jalan ini untuk mendukung akses ke area Makam Mbah Kemangi yang sedang dirintis menjadi wisata religi. Pembangunan jalan berupa cor beton dengan panjang 150 meter dan lebar 3 meter.

Kepala Desa Jungsemi, Dasuki mengatakan, akses jalan menuju area makam Mbah Kemangi saat ini kondisinya sempit dan masih berupa tanah dan batu. Dengan dibangunnya jalan cor beton, maka akan memudahkan bagi peziarah, terutama yang menggunakan kendaraan roda empat.

"Ke depan akan menyatukan wisata religi di Makam Mbah Kemangi dengan wisata bahari di Pantai Indah Kemangi," harapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kendal, Syukron Samsul Hadi mengatakan, kegiatan padat karya ini bisa membantu memberikan lapangan kerja sementara kepada warga Desa Jungsemi yang terdampak pandemi Covid-19. Pelaksanaan kegiatan padat karya ini selama 14 hari, mulai 21 Oktober  -  4 November 2021.

Anggaran padat karya ini berasal dari APBD Perubahan tahun 2021 sebesar Rp 83.106.000 yang digunakan untuk upah 66 pekerja. Pembagian kerja menjadi 3 kelompok, yang masing-masing kelompok terdiri dari 22 pekerja. Upah sebesar Rp 90 ribu per hari, baik untuk ketua kelompok, tukang maupun pekerja biasa. "Untuk kebutuhan material ditanggung swadaya desa," katanya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto berharap, kegiatan padat karya ini untuk menguatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi pengangguran dengan memberikan pekerjaan kepada masyarakat yang bersifat sementara. "Pandemi ini memang berdampak pada meningkatnya pengangguran, maka ke depan perlu diadakan padat karya seperti ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati meminta kepada semua peserta padat karya untuk menjadi relawan Covid-19, yang mau mengingatkan kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Dengan demikian, kondisi yang semakin membaik agar dijaga dengan baik, sehingga kondisi perekonomian juga semakin membaik kembali. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00