Bupati Ajak Anak Kepulauan Tumbuhkan Semangat Kebangsaan

KBRN, Jepara: Dalam kunjungannya ke Pulau Karimunjawa, Bupati Jepara Dian Kristiandi mengajak anak-anak kepulauan untuk menumbuhkan semangat kebangsaan. Karena ini salah satu cara untuk menjaga keutuhan dan kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan berbagai tantangannya.

Usai menyerahkan bantuan pendididkan di SMP N 1 Karimunjawa, Sabtu (14/5/2022) siang, Bupati Dian Kristiandi mengajak berdialog sejumlah siswa. Mereka yang merupakan anak-anak dari berbagai suku di Indonesia. Mulai dari suku Jawa, Madura, Bugis Mandar, Bajo, hingga Jawa.

Beberapa siswa diminta bupati untuk maju. Revan mewakili teman-temannya dari suku Madura, Labao mewakili anak anak Bajo, dan Nizar yang merupakan anak-anak suku Bugis.

Menurut Andi, perbedaan suku jangan dijadikan sebagai halangan untuk menjalin kerukunan. Tetapi dijadikan sebagai kekuatan bangsa yang harus terus dijaga.

“Karimunjawa ini beragam suku dan cukup lengkap. Jika kalian rukun, kalian bisa menjadi percontohan Indonesia dalam hal kerukunaan,” kata Andi.

Perbedaan suku bukan sebuah halangan, tetapi merupakan sebuah kekuatan yang harus dijaga. Dalam kesempatan itu pula, Andi mengajak siswa siswi untuk menyanyikan lagu kebangsaan, sekaligus mengajak untuk berani mengemukakan pendapat.

Para siswa secara bersama-sama menyanyikan sejumlah lagu nasional Indonesia seperti Tanah Airku, ciptaan Ibu Sud, hingga Garuda Pancasila. Untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, setiap pagi sebelum pelajaran dimulai para siswa diharuskan menyanyikan lagu-lagu nasional untuk menggugah semangat mereka.

“Saya titip pesan kepada bapak ibu guru. Sebelum pelajaran dimulai anak-anak siajak untuk menyanyikan lagu nasional Indonesia juga lagu-lagu daerah,” kata Andi. (Yani)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar