Jelang Idul Adha Pemkab Temanggung Vaksin PMK Ternak Sapi

kegiatan kick off start vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Jambon, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Selasa (28/6/2022).

KBRN, Temanggung: Pemkab Temanggung melakukan kegiatan kick off start vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak sapi menjelang Hari Raya Idul Qurban yang dilakukan di Desa Jambon, Kecamatan Gemawang, Temanggung, Selasa (28/6/2022).

Asisten 2 Setda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Ripto Susilo mengatakan kegiatan dilakukan untuk menyiapkan peternak mandiri dalam merawat ternaknya.

"Vaksinator PMK sambil menvaksin dapat mengedukasi seperti larangan melakukan aktifitas kunjungan sembarang orang ke kandang, agar bisa mengurangi dan meminimalisir carier atau pembawa bakteri maupun virus, karena PMK ini tidak menular ke orang, tapi jika tidak steril orang bisa membawa PMK terhadap sapi yang dikunjungi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DKPPP Joko Budi Nuryanto mengatakan pihaknya mulai melakukan vaksinasi tahap pertama untuk penyakit PMK, vaksin ini rencana dilakukan penyuntikkan sebanyak 2 dosis dalam jarak satu sampai dua bulan, jika vaksin sudah memadai nantinya dilanjutkan lagi dengan jarak 6 bulan sekali.

“Vaksinasi PMK ini sampai tanggal 2 Juli 2022 ditargetkan sebanyak 1.000 dosis vaksin sapi dengan sasaran dari unit epidemologi kecamatan kemudian desa. Jadi sasaran wilayah kecamatan yang masih hijau yang belum terkena PMK diantaranya Kecamatan Selopampang, Gemawang dan Kledung dengan syarat skriningnya harus sehat, tidak dalam kondisi bunting, dan di atas umur tiga bulan,” ungkapnya.

Adapun kasus aktif PMK di Kabupaten Temanggung per Minggu (26/6/2022) bertambah 2 ekor sapi, dengan total kasus sebanyak 339, dengan rincian kasus aktif sebanyak 246, kasus sembuh sebanyak 69, artinya tingkat kesembuhan sapi terhadap PMK bisa dibilang cepat, karena sampai hari ini belum ada sapi yang mati akibat PMK.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar