KPU Demak Ajak Pemilih Pemula Partisipasi Pemilu 2024

KBRN, Demak : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Demak menyelenggarakan gerakan partisipasi ajakan aktif dalam pesta demokrasi. Terutama bagi para pemilih pemula jenjang SMA dan SMK. 

Ketua KPU Demak Bambang Setya Budi mengatakan, komisioner KPU menjalin kerjasama dengan sejumlah ormas untuk memberikan pemahaman tentang Pemilu. 

"Materi sosialisasi berkaitan pentingnya Pemilu, implementasi azas Pemilu luber dan jurdil. Serta berbagai macam bentuk pelanggaran dalam pelaksanaan Pemilu," kata Bambang kepada rri.co.id, Selasa (29/6/2022). 

Target sosialisasi Pemilu ini, lanjut Bambang, utamanya para pelajar sekolah usia 17-18 tahun yang baru masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

"Strategi dari KPU, mengenalkan pendidikan demokrasi dan sekolah demokrasi. Jadi, para pemilih pemula bisa tau tata cara pemungutan suara di TPS. Juga bisa melapor beberapa pelanggaran Pemilu," ucapnya. 

Pihaknya juga mengajak Ikatan Mahasiswa Demak (IMADE), Persatuan Guru Swasta Indonesia, dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Demak untuk memberikan materi Pendidikan Demokrasi. 

"Karena baru berpartisipasi pertama kali, para pemilih pemula masih awam dan sedikit informasi tentang beberapa tahap persiapan dan pelaksanaan Pemilu. Misalnya, pemutakhiran DPT, DPTS, dan DPTB," tuturnya.

Menurut dia, para kader KPU yang mengajar sekolah demokrasi dan pendidikan budaya anti curang Pemilu mengeluhkan masih rendahnya dukungan lembaga pemerintah dan swasta. 

"Sebelum 2024 target sosialisasi dan pendidikan demokrasi KPU bisa menjangkau berbagai kalangan calon pemilih. Meski begitu, tetap prioritas siswa-siswi SMA dan SMK se Kabupaten Demak," terangnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar