109 Ribu UMKM di Kabupaten Magelang Menuju Trend Positif

Wakil Ketua Harian Dekranasda Kabupaten Magelang Siti Juwariyah Adi Waryanto saat meninjau salah satu stand pameran UMKM yang berlangsung di Pendopo Lapangan drh Soepardi Kota Mungkid. Foto: Dyas

KBRN, Magelang : Sebanyak 109 ribu lebih UMKM di Kabupaten Magelang pertumbuhannya  menuju ke trend positif, setelah lebih dari dua tahun lalu mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

“Trend positif  UMKM tersebut tidak lepas dari beberapa  elemen, utamanya kebijakan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang yang selaras dengan kebijakan pemerintah pusat dalam pemberdayaan usaha mikro,  dan memberikan perlindungan dan manfaat bagi pelaku industri kecil,” kata  Wakil Ketua Harian Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Magelang, Siti Juwariyah Adi Waryanto pada  pembukaan  Pameran UMKM  di Lapangan drh Soepardi Mungkid, Jumat (12/8/2022).

Juwariyah mengatakan, selain  memiliki peran dan kedudukan yang strategis sebagai kegiatan usaha,  UMKM juga mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Selain itu, juga mampu berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan.

Menurutnya,  usaha mikro sebagai salah satu pelaku pembangunan ekonomi di daerah perlu diberdayakan melalui pendataan dan pendaftaran, kemitraan dan jejaring usaha.

“ Selain itu, UMKM juga memfasilitasi perizinan dan standardisasi, pengembangan sumber daya manusia, pembiayaan, produksi serta produktivitas dan pemasarannya," katanya.

Ia berharap melalui kegitan pameran UMKM ini akan dapat tercipta hubungan s antara pelaku pasar, produsen dan pelaku UMKM, dalam mengembangkan atau meningkatkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau. Serta memberikan pelayanan prima dan mendesain penataan produk yang menarik. 

"Sehingga nanti produk - produk yang dijual akan dapat mempunyai pangsa pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pelaku UMKM," ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Magelang, Basirul Hakim mengatakan,  tujuan diselenggarakannya pameran UMKM tersenbut,  untuk memberikan semangat kepada para pelaku UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat pandemi covid-19.

"Kegiatan Pameran UMKM ini berlangsun selama tiga hari  mulai tanggal 12-14 Agustus 2022 mendatang. Adapun  Peserta pameran terdiri dari berbagai UMKM bidang batik, eco print, busana, aneka minuman dan makanan, dan berbagai kerajinan," katanya.

Selain itu pameran UMKM ini juga untuk memeriahkan dan menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI. W. Cahyono

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar