FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kesadaran Pedagang Batang Ikut Vaksinasi Covid-19 Masih Minim

KBRN, Batang : Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang menyayangkan minimnya kesadaran para pedagang untuk divaksinasi Covid-19. Dari target 1.700 pedagang pasar, baru 700 orang bersedia divaksinasi.

Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Batang, Mutmainah mengatakan, telah menggelar vaksinasi massal pada bulan Juni - Juli lalu, namun minat pedagang untuk membentengi diri dengan vaksin masih sangat kurang.

“Kepesertaan mereka kecil, yang disebabkan banyak vaktor. Mungkin mereka merasa berat meninggalkan dagangannya,” terangnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/9/2021).

Ada pula sebagian dari mereka yang terpengaruh oknum yang tidak bertanggung jawab supaya tidak bersedia divaksin.

“Saran kami supaya target 70 persen pedagang tervaksinasi, mereka langsung mengikuti vaksinasi massal yang digelar di masing-masing Puskesmas. Misalnya, dia tinggal di Subah, tapi berdagang di Pasar Bandar jadi bisa divaksinasi di tempatnya berjualan,” imbaunya.

Sayangnya, apabila pengurus pasar meminta untuk diadakan vaksinasi massal kembali bagi pedagang, pihak Dinkes tidak dapat menyelenggarakan lagi. Hal itu karena keterbatasan tenaga kesehatan yang harus menyelesaikan target vaksinasi massal bagi banyak kalangan. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00