Pencegahan Penyebaran Covid-19 Perlu Peran Serta Masyarakat

KBRN, Semarang : DPRD menilai upaya pengendalian terhadap penyebaran Covid-19 di Jateng selama Libur Natal 2021 & Tahun Baru 2022 (Nataru) sudah sangat baik. Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman, saat menjadi narasumber di Radio Solo, baru-baru ini.

Ia mengatakan upaya itu semua tidak lepas dari keterlibatan dan kerjasama pemerintah daerah dan kesadaran masyarakat yang sudah mulai mengerti pentingnya ‘manut aturan’.

 “Sosialisasi kepada masyarakat juga menjadi salah satu hal yang kami lakukan sebagai Anggota DPRD dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Saat ini tugas kami bersama adalah recovery ekonomi, pendidikan, sosial, dan politik yang harus ditata agar semua bisa kembali lagi seperti semula, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Politikus PKB itu.

Sependapat, Anggota Komisi E DPRD Jateng Jasiman mengatakan keberhasilan menjaga jalannya penyebaran dan penularan Covid-19 menunjukkan bahwa seluruh elemen telah bekerjasama dengan baik. Namun, adanya Varian Omicron yang sudah masuk ke Indonesia juga menjadi pekerjaan rumah (PR) baru untuk semua pihak. Ia menyayangkan adanya oknum artis/ public figure yang keluar negeri untuk berlibur, ternyata saat pulang terindentifikasi positif Omicron.

“Ada juga yang kabur tidak mau dikarantina. Itu kan sangat merugikan seluruh rakyat Indonesia yang sedang berjuang bersama agar pandemi ini bisa cepat selesai. Kita juga harus melihat kesehatan dan keselamatan orang lain, tidak boleh egois, karena boleh jadi kita sehat tapi daya tahan tubuh orang-orang sekitar kan tidak seperti kita. Harus saling peduli dan harus saling melindungi,” tutur legislator PKS itu.

Ia juga menambahkan DPRD tetap melakukan evaluasi terhadap penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengacu pada pedoman satgas penanganan Covid-19. DPRD juga mendukung kebijakan pemerintah yang telah menetapkan setiap orang melakukan perjalanan harus memenuhi syarat vaksin dan tes negatif antigen.

(Humas DPRD)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar