BKIM Jateng dan PKK Kabupaten Pekalongan Giatkan Penyuluhan Kesehatan Indra

KBRN, Pekalongan : Balai Kesehatan Indra Masyarakat (BKIM) Jawa Tengah, Giatkan Penyuluhan Kesehatan Indra Bersama TP PKK Kabupaten Pekalongan di aula lantai 2 Gedung Sekretariat Bersama PKK, Rabu (18/5/2022).

Gangguan penglihatan dan pendengaran masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Meskipun tidak mengancam jiwa manusia, namun dapat menyebabkan terjadinya disabilitas dan penurunan kualitas hidup seseorang. Untuk itu TP PKK Kabupaten Pekalongan merasa perlu sosialisasikan hal tersebut kepada masyarakat luas seperti yang disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Pekalongan, Hj Widi Riswadi.

Dalam sambutannya, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga merupakan gerakan nasional pembangunan masyarakat yang tumbuh Dari, Oleh dan Untuk Masyarakat, serta peran masyarakat yang saat ini masif dan terstruktur dijalankan oleh PKK, Peran PKK sangat strategis dalam menjalankan program pembangunan pada umumnya dan program kesehatan pada khususnya.

“Keberhasilan Pembangunan Kesehatan berperan dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang dapat meningkatkan produktitifitas dan daya saing. Bahwa gangguan penglihatan dan pendengaran masih menjadi masalah kesehatan masyarakat. Meskipun tidak mengancam jiwa manusia, namun dapat menyebabkan terjadinya disabilitas dan penurunan," terang Widi.

Lebih lanjut Istri Wakil Bupati itu juga mengatakan bahwa  gerakan PKK memiliki peran sebagai pemimpin masyarakat (organisator), sebagai pendidik masyarakat (komunikator), sebagai penggugah-pendorong masyarakat (motivator), sebagai penggerak masyarakat (dinamisator), sebagai penghubung masyarakat (katalisator), serta sebagai pembaharu masyarakat (inovator). 

Sebagai motor utama penggerak Gerakan PKK selalu kompak, Tim Penggerak PKK yang dibantu oleh para kader yang ada disetiap jenjang hingga di tingkat kelompok Dasawisma. “Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas SDM, maka selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan sangat mendukung program kegiatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk melaksanakan Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Indera dari mulai tingkat Tim Penggerak PKK Kabupaten Pekalongan dan Kecamatan se-Kabupaten Pekalongan sebagai tambahan komunikasi, informasi dan edukasi berkaitan dengan Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Pendengaran,”lanjutnya.

Sementara itu Narasumber BKIM Provinsi Jawa Tengah dr. Herti Rachmawanti, menjelaskan kepada peserta yang hadir tentang pentingnya menjaga kesehatan panca indra. Dijelaskan pula tentang beberapa gangguan kesehatan indra dan penanganannya, serta deteksi dini kesehatan indra (tes hitung dan tes bisik). “kita juga melanjutkan dengan praktek oleh beberapa peserta yang hadir berupa tes hitung jari dan tes bisik.” Katanya, “mereka bersemangat mendengarkan penyuluhan dan mempraktikkan langsung cara deteksi dini kesehatan indera.” Lanjutnya.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar