Jadi Narasumber Unnes, RK Nilai Kebencian Sumber Masalah

KBRN, Semarang : Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ungkapkan penyebab perpecahan di Indonesia kepada mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mantan Wali Kota Bandung itu menilai, kebencian merupakan mula perpecahan di Indonesia.

"Perbedaan adalah rahmat. Jadilah generasi yang membesarkan persamaan, bukan malah membesarkan perbedaan," tutur Ridwan Kamil pada acara kuliah umum Mahasiswa Baru Unnes secara daring, Minggu (17/10/2021).

Ia menilai, antar masyarakat Indonesia masih mudah bertengkar karena perbedaan, baik dalam hal politik dan yang lain. Menurutnya, pertengkaran akan semakin runyam jika sampai menimbulkan kebencian.

"Pertemanan yang menghembuskan permusuhan harus dihindari. Masalah bangsa Indonesia akhir-akhir ini mudahnya kita bertengkar hanya karena satu dua perbedaan," paparnya.

Oleh karena itu, Ridwan Kamil meminta Mahasiswa Baru Unnes untuk melawan narasi kebencian. Baik terkait suku, agama, ras dan golongan.

"Jika narasi-narasi ini tidak dilawan, negara ini sangat berpotensi untuk terpecah belah," ujarnya.

Selain itu, Kang Emil memberikan motivasi agar seseorang dapat menjadi manusia unggul. Ia menyebut ciri manusia unggul saat ini adalah kuat secara fisik, otak yang cerdas, berakhlak yang baik serta rajin dalam beribadah sebagaimana implementasi dari sila pertama dalam Pancasila (Ketuhanan Yang Maha Esa). 

"Jika empat hal tersebut bisa dimiliki setiap individu, akan menghadirkan kesempurnaan," tandas Kang Emil, sapaan akrabnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00