Degradasi Lingkungan dan Perubahan Iklim Memicu Bencana

KBRN, Semarang : Guru Besar Ilmu Lingkungan Hidup Undip Semarang Prof Sudharto P Hadi MES PhD mengatakan masalah degradasi lingkungan, deplesi sumber daya alam, dan perubahan iklim yang terjadi saat ini menjadi pemicu adanya bencana lingkungan, seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam Kuliah Umum dengan tema “The Role of Law And Psychology In Realizing A Green Economy” di kampus USM, Sabtu (21/5/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan Pascasarjana USM dalam rangka memperingati lustrum USM ke- 7 atau hari ulang tahun ke-35 USM. Kuliah umum juga dilaksanakan secara online dengan menggunakan platform Zoom meeting.

Sudharto yang juga Ketua Pembina Alumni Undip juga mengatakan, perlu adanya gagasan untuk menerapkan green economy untuk pemulihan dan pemberdayaan ekosistem.

"Sehingga muncul gagasan untuk membangun lebih baik (bulid back better), menerapkan green economy, dan pembangunan rendah karbon, Hal ini bertujuan untuk pemulihan berkelanjutan dan pemberdayaan ekosistem,” ungkapnya.

Kegiatan ini dibuka Rektor USM, Dr Supari ST MT. Selain Sudharto, kuliah umum juga menghadirkan narasumber yang luar biasa, antara lain Guru Besar Fakultas Ekonomi USM Prof Dr Ir Kesi Widjajanti SE MM, serta Guru Besar Fakultas Psikologi USM Prof Dr Dra Hardani Widhiastuti SPsi MM Psikolog.

Dalam sambutannya, Rektor USM mengungkapkan, dengan adanya green economy diharapkan tercipta pertumbuhan ekonomi yang secara teknologi sedikit atau tanpa emisi.

"Green economi adalah petumbuhan ekonomi yang secara teknologi sedikit atau tanpa emisi, penggunaan reousrse high efficiency, serta di masyarakat tercipta keadilan sosial," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar