Manfaatkan BookTube, Media Penjabaran Isi Buku Secara Visual

KBRN, Batang : Sejumlah pelajar SMPN 3 Batang memanfaatkan media Booktube untuk menjabarkan isi sebuah buku secara visual. Ide tersebut tercetus dari sebuah penelitian yang dilakukan dosen Bahasa Indonesia asal Unnes, Santi Pratiwi Tri Utami bersama tim pengabdian yang telah melakukan penelitian tentang budaya literasi.

Berdasarkan hasil penelitiannya, di kalangan masyarakat telah terjadi disliterasi. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pengembangan, agar persepsi masyarakat tidak terpusat pada membaca sebuah buku untuk diri sendiri saja.

“Kreativitas yang mulai dibangun yakni dengan media Booktube. Di dalamnya bisa berusaha untuk mereview buku melalui media YouTube,” kata Eva Rofiqoh, salah satu guru bahasa Indonesia dan mantan mantan mahasiswi dari Santi Pratiwi Tri Utami, saat ditemui di SMPN 3 Kabupaten Batang, Jumat (24/9/2021).

Dia menjelaskan, ketika membaca buku secara manual isinya hanya dipahami untuk diri sendiri. Namun, ketika membaca lalu mengungkapkan isi dari buku itu melalui media BooTtube, tentu pengalaman membacanya lebih melekat dan bermanfaat bagi setiap orang yang melihat Booktube.

“Literasinya biar sampai mendarah daging, dengan mengupas isi suatu buku, hingga bermakna bagi diri sendiri dan mampu membuat sebuah keputusan mana yang patut ditiru dan yang tidak,” terangnya.

Para siswa sebelumnya diberikan bimbingan terlebih dahulu, kemudian dipraktikkan selama satu minggu dan dilakukan penilaian untuk diikutkan dalam sebuah perlombaan.

Para pemenang lomba pembuatan BookTube, yaitu juara 1 Sultan Fahreza dengan nilai 177, juara 2 Zidny Aulia dengan nilai 174 dan Nilna Aulia dengan nilai 170.

Salah satu pemenang, Sultan Fahreza mengatakan, kegemarannya membaca dan mereview isi sebuah buku, membuatnya makin tertarik mengikuti perlombaan tersebut.

“Buku yang saya cerita kembali lewat BookTube, yaitu kisah dari Presiden Ketiga RI, BJ Habibie, sejak masa kecil, menikah dan menjadi presiden yang mengabdikan dirinya untuk Indonesia, hingga meninggal dunia,” bebernya.

Menurut dia, dengan mengikuti lomba pembuatan BookTube sangat bermanfaat untuk mengisi waktu luang, saat mengikuti kegiatan pembelajaran di rumah.

“Kalau di rumah saja kan bosan, lha dengan adanya lomba ini saya bisa memetik banyak pelajaran tentang literasi,” ungkap remaja yang gemar membaca dongeng nusantara. (MC Batang Jateng/Heri)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00