Targetkan Pramuka Garuda, Kwarcab Pekalongan Gelar Dianpinru

KBRN, Pekalongan : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Pekalongan menyelenggarakan Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru) selama lima hari yakni mulai 15-19 Oktober bertempat di SMP Islam Ma’had.

Kegiatan yang difasilitasi oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah ini diikuti sebanyak 120 peserta, berasal dari seluruh perwakilan  gugus depan (gudep) pangkalan SMP/MTs di setiap masing-masing kwarran se-kwarcab Gerakan Pramuka Kota Pekalongan.

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum, Aris Supriyanto menyampaikan, pendidikan Kepramukaan merupakan proses pembentukan kepribadian, kecakapan hidup, dan akhlak mulia pramuka melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Pihaknya menargetkan, para peserta nantinya dapat menjadi pramuka penggalang garuda. Sesuai dengan target Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah yang menargetkan sebanyak 50.000 Anggota Pramuka bisa mencapai tingkatan Garuda selama periode tahun 2018-2023.

“Kami akan ambil peran itu, mengantarkan adik-adik untuk menjadi pramuka garuda dengan tahapan pertama yakni pelatihan dianpinru ini. Adik-adik akan dibekali materi seperti pengenalan dari pramuka, struktur organisasi, teknik kepramukaan, serta membentuk karakter dari adik adik,”ungkap Kak Aris, Jumat (15/10/2021).

Ditambahkan oleh Kapusdiklat Kwartir Cabang Pekalongan, Beni Ismail, kegiatan Gladian Pimpinan regu bertujuan untuk membentuk karakter peserta menjadi calon pemimpin bangsa.  Ia berharap, peserta kegiatan Gladian Pimpinan Regu ini mampu menjadi anggota Pramuka Penggalang Garuda.

”Harapannya bisa memotivasi teman sebaya lainnya yang ada di pangkalan masing-masing melalui kegiatan pramuka dan pembentukan karakter sehingga bisa berimbas baik bagi kehidupan kedepannya,” imbuhnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Bunda Pramuka Kota Pekalongan, Hj Inggit Soraya memberikan motivasi dan semangat kepada para peserta. Ia mengapresiasi dan bangga atas terselenggaranya kegiatan. Menurutnya, melalui Gerakan pramuka dapat membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, disiplin serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur. 

Ia berpesan, dalam pelaksanaannya kegiatan Dianpiru dapat dikemas dalam bentuk materi yang menarik dan menantang sehingga, dapat menumbuhkan semangat dan cinta terhadap kepramukaan.

“Adanya pelatihan Dianpinru ini, kami berharap tentunya adik-adik bisa menjadi pemimpin yang baik di masa yang akan datang dan bisa mandiri serta membawa manfaat bagi sekitar,”pungkasnya.(Miftachudin - Pekalongan)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00