FOKUS: #TANGGAP BENCANA ALAM

Gudep SDN Tegaldowo Tanam Ratusan Pohon Mangrove

KBRN, Pekalongan : Gudep 15.35/15.36 SDN Tegaldowo, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah menggelar aksi tanam ratusan batang pohon Mangrove, di Pesisir Desa Mulyorejo, Selasa (19/10/2021). Penghijauan itu upaya untuk mengurangi dampak banjir dan rob yang kerap terjadi di lingkungan pesisir tersebut. 

Empat desa di Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan yang kerap dilanda banjir dan rob ialah Desa Karangjompo, Tegaldowo, Mulyorejo, dan Jeruksari. Kondisi demikian menjadi keprihatinan tersendiri bagi pembina dan penggalang di Gudep SDN Tegaldowo.

Untuk itu, puluhan siswa dan guru pembina Pramuka sekolah tersebut menggelar aksi Peduli Lingkungan dengan penanaman Pohon Mangrove guna mencegah abrasi dan banjir di Permukiman warga, seperti yang disampaikan Ketua Pembina Suparni SPd SD beserta pendamping Faizah SPd I dan Mufarikha SPd.

"Selain untuk mengedukasi segenap peserta didik atau penggalang, kegiatan peduli lingkungan dengan penanaman pohon mangrove ini juga sebagai upaya dalam mendukung program pemerintah, menjaga lingkungan dari bencana banjir dan rob," terang Suparni.

Dia menjelaskan, untuk merealisasikan program  tersebut SDN Tegaldowo melibatkan 32 Pramuka Penggalang dan Tiga Guru Pembina, sedangkan untuk jumlah pohon mangrove yang ditanam sebanyak 190 pohon yang ditanam di tiga titik kawasan pesisir Desa Mulyorejo.

"Masing - masing anak menanam lima bibit pohon, dengan jumlah 160 bibit mangrove dan untuk kami sebagai pembina menanam sebanyak 30 bibit pohon, jumlah semua yang kami tanam sebanyak 190 pohon," jelasnya.

Kegiatan Peduli Lingkungan dengan menanam bibit mangrove ini juga disambut positif dan gembira oleh para peserta, salah satunya Abillah Al hustomi yang pertama kali ikut kegiatan bakti sosial penanaman pohon.

"Seru, selain rame - rame kegiatan ini sangat menyenangkan, kan kita turut menjaga lingkungan sekitar sekolah yang sering banjir dan setiap hari rob juga, harapannya dengan penanaman mangrove begini bisa mencegah banjir," terangnya.

Kegiatan Kepedulian Lingkungan dengan penanaman pohon mangrove ini sebagai implementasi dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yang anggaranya juga berasal dari Bapedes Provinsi Jawa Tengah. (Miftachudin - Pekalongan).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00