Pembekalan Siswa Kelas 12, Tunjang Pendidikan Tinggi

KBRN, Semarang : Pembekalan bagi siswa maupun siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi dari pendidikan menengah, baik (SMA/MA/SMK dan sederajat) penting dilakukan. 

Agar para siswa-siswi bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, berbagai upaya telah dilakukan pihak Sekolah, salah satu diantaranya dilakukan Madrasah Aliyah Darul Ulum Semarang

Kepala Madrasah Aliyah Darul Ulum Semarang, Hadi Suprayitno mengatakan pemberian pembekalan untuk para siswa maupun siswa agar bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi telah dilakukan sejak awal memasuki kelas tiga.

Upaya yang dilakukan diantaranya dengan melakukan penambahan materi pembelajaran sesuai perguruan tinggi dan jurusan yang bakal dipilih.

“ Kita dari awal, ketika kelas 12 itu sudah mencoba mendekati anak-anak. Siapa yang akan melanjutkan kuliah, kemudian pihak sekolah ada penambahan-penambahan materi. Lalu, kami dari wali/ bapak ibu mata pelajaran tertentu melakukan pendampingan terhadap mereka untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi,” ujar Hadi saat Siaran Dialog Interaktif bersama RRI, Kamis (19/5/2022).

Lebih lanjut, ia menambahkan pada semester kedua para siswa maupun siswi kelas dua belas mendapatkan pendampingan penambahan pembelajaran yang lebih intensif. Hal ini dilakukan agar pencapaian dan keinginan bagi mereka bisa tercapai.

“ Kemarin juga sempat kita ada dari koramil dan babinsa itu menyampaikan ada penerimaan TNI yang dari jalur santri/ madrasah diprioritaskan. Untuk tahun ini sebenarnya siswa kami ada yang sesuai jalur yang diprioritaskan, namun karena fisiknya kecil sehingga tidak memenuhi standar persyaratan,” pungkasnya

Ia juga menuturkan kedekatan orang tua dan anak sangat penting dilakukan untuk menunjang karir pendidikan yang lebih tinggi. Pendekatan ini diantaranya harus dilakukan secara emosional mengenai masa depan yang baik, seperti mengajak anak berbicara saat dalam keadaan santai maupun hepi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar