Polda Jateng Musnahkan 811,67 Gram Sabu, Dilarutkan Air Sabun

KBRN, Semarang : Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jateng memusnahkan total 811,67 gram sabu hasil penindakan di dua Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda, yakni di Sumenep, Jawa Timur dan Sampang.

Pemusnahan dengan cara dilarutkan dalam air sabun tersebut dipimpin Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng AKBP Rizki Ferdiansyah dihadiri Bea Cukai Tanjung Emas Semarang dan Kejaksaan yang digelar di halaman kantor Ditresnarkoba Jateng, Kamis (21/10/2021).

“Ada dua TKP, yang pertama di Sampang dan Sumenep, total barang bukti yang dimusnahkan hari ini adalah 811,67 gram,” kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Jateng AKBP Rizki Ferdiansyah usai kegiatan pemusnahan.

Sebelum dimusnahkan, Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jateng melakukan uji tes terlebih dahulu guna membuktikan barang bukti yang dimusnahkan benar-benar sabu.

Pemusnahan ini guna mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang.

“Di Undang-undang sudah dijelaskan 7 hari setelah penangkapan harus dimusnahkan, tapi karena nunggu penetapan dari Sumenep, jadi kita minta penetapanya juga dari Jaksa Sumenep, itu baru keluar kemarin, supaya tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan,” ujarnya.

Rizky menjelaskan, untuk kasus melibatkan kakak beradik warga Sumenep yang didapati menerima paket sabu dari ibunya di Malaysia  kini proses nya tidak ditangani oleh Polda  Jawa Timur melainkan ditangani oleh Polda Jawa Tengah dan tengah menunggu P21 dari Kejaksaan.

“Untuk selanjutnya kalau yang di Sampang, karena ini barang temuan maka tuntas ini akan kita musnahkan karena kita tidak dapat tersangkanya, tapi kalau yang Sumenep la ini masih proses sidik di Kejaksaan,” terangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00